9 Jenis Penyakit Kulit Yang Rentan Menyerang Manusia

9 Jenis Penyakit Kulit Yang Rentan Menyerang Manusia

penyakit kulit - 9 Jenis Penyakit Kulit Yang Rentan Menyerang Manusia

KlinikAtlantis.com – Dari begitu banyaknya jenis penyakit, penyakit kulit merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang manusia khususnya di negara tropis seperti Indonesia. Penyakit kulit sendiri biasa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya suhu, lingkungan, atau bahkan dari kebersihan diri sendiri.

Pada umumnya, penyakit kulit sendiri terbagi dalam beberapa jenis mulai dari yang tidak berbahaya hingga yang sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Dari kasus yang sering terjadi di negara tropis, penyakit kulit yang berbahaya memiliki tanda-tanda diawali dengan timbul bengkak, gatal-gatal, kemerahan dan rasa terbakar.

Berikut beberapa jenis penyakit kulit yang berbahaya yang sering terjadi di negara tropis :

Kudis (skabies)
Kudis merupakan salah satu jenis penyakit kulit atau juga biasa disebut skabies. Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit tungau yakni sarcoptes scabiei var hominis. Biasanya Orang yang terjangkit kudis tinggal di tempat kumuh serta tidak melindungi kebersihan tubuhnya. Tanda-tanda kudis yaitu ada rasa gatal yang demikian hebat saat malam hari, terlebih di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebagainya. Kudis amat mudah menular pada orang lain.

Kurap
Salah satu penyakit kulit yang paling sering menyerang manusia adalah kurap. Kurap disebabkan karena adanya jamur. Gejala yang mudah dikenali adalah timbul lingkaran-lingkaran yang bersisik, bercak putih, lembap, dan disertai rasa gatal. Jenis penyakit kulit ini timbul dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang sering diserang kurap, yakni tengkuk, leher, serta kulit kepala.

Bisul (furunkel)
Bisul adalah infeksi kulit berbentuk benjolan merah dan dapat membesar. Bisul dapat tumbuh di seluruh sisi tubuh, namun bisul lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang lembap, seperti lipatan paha, sela bokong, leher, ketiak hingga kepala. Jenis penyakit kulit ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit yang melewati folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, lantas menyebabkan infeksi lokal. Faktor yang menambah risiko terkena bisul di antaranya kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetik yang menyumbat pori, serta penggunaan bahan kimia. Untuk menghindari bisul, jaga kebersihan diri serta lingkungan, dan konsumsi gizi yang seimbang.

Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit kulit yang satu ini umumnya yang ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih. Beberapa penyebabnya adalah stres, trauma, serta tingkat kalsium yang rendah. Tanda-tanda psoriasis yaitu munculnya bercak-bercak merah yang di atasnya ada sisik-sisik putih tidak tipis serta melekat berlapis-lapis. Apabila digaruk, sisik-sisik tersebut dapat rontok. Sementara itu, semua bagian tubuh bisa terserang gejala psoriasis. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kulit kepala.

Jerawat
Tanpa banyak yang menyadari, jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang umum di alami siapa saja. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Melanoma
Jenis penyakit kulit ini merupakan salah satu penyakit kulit dan bisa di kategorikan kanker kulit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian jika tidak cepat ditangani. Melanoma amat berisiko bila tampak pada leher atau kulit kepala. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada dan semakin membesar serta terjadi peradangan biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma.

Herpes
Jenis penyakit kulit herpes sering menjangkit orang dewasa. Tanda munculnya penyakit ini adalah adanya ruam tidak rata dan berukuran kecil yang akhirnya melepuh. Dampak yang dirasa penderita adalah rasa perih dan gatal serta membuat kulit menjadi lebih sensitif. Daerah kulit yang sering terkena adalah daerah tubuh yang lembap seperti lipatan paha, bokong atau bagian tubuh lainnya.

Impetigo
Impetigo yaitu penyakit kulit menular yang umumnya dikarenakan oleh bakteri. Impetigo mengakibatkan kulit jadi gatal, melepuh diisi cairan serta kulit jadi merah. Impetigo amat gampang berlangsung pada anak berumur dua hingga enam tahun.

Campak (Rubella)
Campak yaitu penyakit akut menular yang disebabkan oleh virus dan umumnya menyerang anak-anak. Tanda-tanda awal campak yaitu demam, pilek, bersin, badan lesu, sakit kepala, nafsu makan mengalami penurunan drastis serta radang mata. Gejala campak adalah TRIAS 3 C yaitu cough (batuk), coryza (gejala seperti influenza), dan conjunctivitis (kedua mata merah dan meradang). Gejala lainnya meliputi demam, lemas, sakit kepala, dan nafsu makan menurun. Gejala campak mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Ruam berwarna merah-kecokelatan akan muncul di kulit setelah beberapa hari kemudian. Urutan kemunculan bercak ini dari belakang telinga, sekitar kepala, kemudian ke leher.

Related Posts---

Leave A Reply---

× WhatsApp
Lewat ke baris perkakas