Apa Itu Peyronie

Apa Itu Peyronie

Apa itu penyakit Peyronie?

Penyakit Peyronie menyebabkan plak keras dan datar terbentuk di bawah kulit jaringan penis. Plak sering dimulai sebagai peradangan yang dapat berubah menjadi ke dalam jaringan parut. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan lekukan tajam pada penis saat ereksi.

Apa penyebab penyakit Peyronie?

Beberapa peneliti percaya penyakit Peyronie berkembang setelah cedera yang menyebabkan pendarahan di dalam penis. Ini bisa menjelaskan kasus Peyronie yang berkembang pesat. Tetapi tidak menjelaskan mengapa kebanyakan kasus berkembang perlahan, atau apa yang menyebabkan penyakit setelah tidak ada cedera yang jelas.

Sebagian besar peneliti percaya bahwa genetika atau lingkungan mungkin berperan. Pria dengan gangguan jaringan ikat tertentu dan pria yang memiliki anggota keluarga dekat dengan Peyronie penyakit memiliki risiko yang lebih besar. Dan kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes atau tembakau penggunaan juga dapat berkontribusi untuk pengembangannya.

Jika penyakitnya sembuh dalam setahun atau jadi, plak sering tidak bertambah parah. Tetapi ketika penyakit itu berlangsung selama bertahun-tahun, plak sering menjadi jaringan fibrosa yang keras, dan endapan kalsium dapat terbentuk.

Plak pada penyakit Peyronie bukanlah kanker.

Apa Itu Peyronie
Apa Itu Peyronie

Apa saja gejala penyakit Peyronie?

Berikut ini adalah gejala penyakit Peyronie yang paling umum:

  • Perubahan cara ereksi terlihat:
  1. Plak di bagian atas batang menyebabkan penis menekuk ke atas saat ereksi. Ini adalah kondisi yang paling umum.
  2. Plak di samping menyebabkan penis menekuk ke sisi plak.
  3. Plak di bagian bawah menyebabkan penis menekuk ke bawah saat ereksi.
  4. Plak di bagian atas dan bawah, atau yang membungkus penis, dapat menyebabkan kelainan bentuk, lekukan, dan pemendekan penis.
  • Ereksi yang menyakitkan
  • Masalah dengan penetrasi seksual

Rasa sakit, membungkuk, dan tekanan emosional dapat sangat mempengaruhi kehidupan seks pria.

Gejala penyakit Peyronie mungkin terlihat seperti kondisi lain atau masalah kesehatan. Selalu berbicara dengan layanan kesehatan penyedia untuk diagnosis.

Bagaimana penyakit Peyronie didiagnosis?

Penyedia layanan kesehatan Anda akan tinjau riwayat kesehatan dan seksual Anda. Penyedia juga akan melakukan pemeriksaan fisik, selama yang plak sering dapat dirasakan. Tes lain mungkin termasuk:

  • USG penis. Ini metode pencitraan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar bagian dalam penis dan memeriksa aliran darah.

Untuk memeriksa bagaimana penis terlihat selama ereksi, penyedia Anda mungkin menyuntikkan obat ke penis untuk menyebabkan ereksi di dalam klinik.

Bagaimana penyakit peyronie diobati?

Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi rasa sakit dan membuat Anda tetap aktif secara seksual. Tidak ada obatnya. Edukasi tentang penyakit dan nya kursus biasa sering disertakan dalam rencana perawatan. Dalam beberapa kasus, pengobatan adalah bukan diperlukan. Penyakit peyronie sering terjadi dalam bentuk ringan yang sembuh dengan sendirinya dalam 6 sampai 15 bulan. Perawatan mungkin termasuk:

  1. Vitamin E. Studi kecil memiliki melaporkan perbaikan dengan vitamin E yang diminum (oral). Tetapi penelitian yang lebih besar telah belum dilakukan untuk membuktikan bahwa pengobatan ini berhasil. Tetap saja, ini mudah, biaya rendah pilihan pengobatan.
  2. Obat. Banyak obat oral memiliki telah dicoba, tetapi tidak ada yang terbukti berhasil pada semua pria. Jika penyedia layanan kesehatan Anda menginginkan untuk mencoba obat, pastikan Anda memahami apa itu dan apa yang diketahui tentangnya. Juga tahu efek samping apa yang harus Anda waspadai.
  3. Tembakan (suntikan) obat-obatan ke dalam plak. Berbagai suntikan obat-obatan ke dalam plak telah dicoba pada sejumlah kecil pria.
  4. Operasi. Ini dapat digunakan untuk mengoreksi plak pada kasus yang parah. Ini termasuk ketika pria mengalami rasa sakit saat ereksi. Atau ketika dia tidak bisa mempertahankan ereksi cukup lama untuk berhubungan seks. Dalam kasus yang parah, Anda mungkin membutuhkan implan penis untuk meluruskan penis.

Bicarakan dengan layanan kesehatan Anda penyedia tentang pertanyaan atau masalah yang mungkin Anda miliki tentang kondisi ini.

Hidup dengan penyakit Peyronie

Penyakit Peyronie mempengaruhi setiap pria berbeda. Ini bisa sangat membuat frustrasi dan memengaruhi kepercayaan diri Anda dalam hal seksual hubungan. Tidak jarang pria dengan penyakit Peyronie mengalami depresi atau masalah hubungan.

Anda dan pasangan harus belajar sebanyak mungkin tentang penyakit ini
Poin-poin penting tentang penyakit Peyronie

  1. Penyakit Peyronie menyebabkan plak keras dan datar terbentuk di bawah kulit pada jaringan penis. Ini menyebabkan rasa sakit dan lengkungan tajam pada penis saat ereksi.
  2. Beberapa peneliti percaya Peyronie penyakit berkembang setelah cedera yang menyebabkan pendarahan di dalam penis. Tapi kebanyakan kasus berkembang perlahan, setelah tidak ada cedera yang jelas.
  3. Penyakit Peyronie menyebabkan perubahan pada cara ereksi terlihat, nyeri saat penis ereksi, dan masalah dengan seksual penetrasi.
  4. Pemeriksaan fisik (dimana plak sering dapat dirasakan) mungkin hanya itu yang diperlukan untuk mendiagnosis penyakit Peyronie.
  5. Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mempertahankan aktivitas seksual. Dalam beberapa kasus, pengobatan tidak diperlukan. Penyakit Peyronie sering terjadi dalam bentuk ringan yang sembuh sendiri dalam 6 sampai 15 bulan.
  6. Tidak ada obat untuk penyakit Peyronie. Berbagai macam obat dapat dicoba. Paling diambil melalui mulut, tetapi beberapa disuntikkan ke dalam plak. Dalam kasus yang parah, operasi dapat digunakan untuk menghilangkan plak.

Langkah selanjutnya

Kiat untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari kunjungan ke penyedia layanan kesehatan Anda:

  1. Ketahui alasan kunjungan Anda dan apa yang Anda inginkan terjadi.
  2. Sebelum kunjungan Anda, tuliskan pertanyaan yang ingin Anda jawab.
  3. Bawa seseorang untuk membantu Anda mengajukan pertanyaan dan mengingat apa yang dikatakan penyedia Anda Anda.
  4. Pada kunjungan, tuliskan nama diagnosis baru, dan obat-obatan baru, perawatan, atau tes. Juga tuliskan instruksi baru yang diberikan penyedia Anda kepada Anda.
  5. Ketahui mengapa obat atau perawatan baru diresepkan, dan bagaimana hal itu akan membantu Anda. Juga tahu apa efek sampingnya.
  6. Tanyakan apakah kondisi Anda dapat diobati dengan cara lain.
  7. Ketahui mengapa tes atau prosedur direkomendasikan dan apa arti hasilnya.
  8. Ketahui apa yang akan terjadi jika Anda tidak minum obat atau menjalani tes atau prosedur.
  9. Jika Anda memiliki janji temu lanjutan, tuliskan tanggal, waktu, dan tujuan untuk itu mengunjungi.
  10. Ketahui bagaimana Anda dapat menghubungi penyedia Anda jika Anda memiliki pertanyaan.
× WhatsApp Kami