Apakah Dudukan Toilet Bisa Menularkan Penyakit Kelamin? Ini Faktanya!

dudukan toilet penyakit kelamin - Apakah Dudukan Toilet Bisa Menularkan Penyakit Kelamin? Ini Faktanya!

KlinikAtlantis.com – Hampir dari seluruh jenis penyakit kelamin semuanya bisa menular. Penularan nya pun dengan cara yang berbeda-beda. Lalu apakah bisa penyakit kelamin menular melalui dudukan toilet? Berdasarkan faktanya, virus memasuki tubuh melalui membran mukosa, yaitu jenis kulit yang ditemukan di mulut, alat kelamin, dan anus. Selain itu, virus juga bisa masuk ke tubuh melalui permukaan kulit yang terbuka (luka) atau cairan air mata.

Menurut seorang profesor klinis kebidanan dan kandungan di Yale Medical School yakni dr. Mary Jane Minkin, sebagian besar bakteri penyebab penyakit kelamin seperti virus herpes, klamidia, dan gonore tidak bisa tinggal dan hidup di luar jaringan manusia lebih dari 10 detik. Itu artinya baik bakteri atau virus penyebab penyakit kelamin tidak dapat hidup di luar tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, bisa dipastikan hampir tidak mungkin seseorang terinfeksi penyakit kelamin melalui dudukan toilet umum, handuk, atau benda lain yang digunakan oleh orang yang terinfeksi. Di sisi lain bakteri atau virus penyebab penyakit kelamin juga tidak akan ikut terbawa oleh urine. Karena itulah, bakteri atau virus tidak akan menempel pada permukaan yang dingin dan keras seperti toilet.

Yang perlu di waspadai adalah penularan lewat kontak antar kulit (sentuhan) atau mulut (ciuman). Dalam sebagian besar kasus, berciuman dapat menyebarkan penyakit herpes. Bahkan, ciuman yang lebih basah dan dalam dapat menyebarkan penyakit gonore dan klamidia. Sementara itu, kontak dari kulit dan kulit juga dapat menyebarkan infeksi seperti kutil kelamin, herpes, kudis, dan kutu kemaluan.

Meski dudukan toilet tidak menularkan penyakit kelamin, namun bukan berarti aman dari segala aspek. Tak ada salahnya tetap melindungi diri Anda dari paparan kuman di toilet. Caranya adalah dengan membersihkan dudukan toilet dengan tisu terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah selesai buang air kecil atau besar, bersihkan dan lap bagian kelamin hingga kering untuk mencegah kuman tertinggal di bagian kemaluan Anda.