Apakah Wanita Wajib Vaksin HPV

Vaksin HPV

Apakah Wanita Wajib Vaksin HPV

Apakah Wanita Wajib Vaksin HPV

HPV adalah salah satu PMS paling umum di luar sana, jadi sangat melegakan mengetahui bahwa vaksin akan melindungi Anda dari beberapa jenis HPV yang dapat menyebabkan masalah.

Apa itu vaksin HPV?

Vaksin HPV membantu melindungi Anda dari jenis HPV tertentu yang dapat menyebabkan kanker atau kutil kelamin. Juga dikenal dengan nama merek Gardasil 9, vaksin HPV melindungi terhadap:

  • HPV tipe 16 dan 18 – 2 tipe yang menyebabkan 80% kasus kanker serviks.
  • HPV tipe 6 dan 11, yang menyebabkan 90% kasus kutil kelamin.
  • 5 jenis HPV lainnya (tipe 31, 33, 45, 52, dan 58) yang dapat menyebabkan kanker serviks, anus, vulva/vagina, penis, atau tenggorokan.

Vaksin HPV diberikan dalam serangkaian suntikan. Untuk orang berusia 15-45, vaksin HPV adalah 3 suntikan terpisah. Suntikan kedua diberikan 2 bulan setelah suntikan pertama, dan suntikan ketiga diberikan 4 bulan setelah suntikan kedua. Jadi, secara keseluruhan, dibutuhkan sekitar 6 bulan untuk mendapatkan semua 3 tembakan.

Untuk orang berusia 9-14 tahun, Anda hanya perlu mendapatkan 2 tembakan. Suntikan kedua diberikan 6 bulan setelah suntikan pertama.

Apakah Wanita Wajib Vaksin HPV
Apakah Wanita Wajib Vaksin HPV

Siapa yang harus mendapatkan vaksin HPV?

Semua orang berusia 9 hingga 45 tahun bisa mendapatkan vaksin HPV untuk melindungi dari kutil kelamin dan/atau berbagai jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker. Direkomendasikan agar anak-anak mendapatkan vaksin pada usia 11 atau 12 tahun, sehingga mereka terlindungi sepenuhnya bertahun-tahun sebelum mereka menjadi aktif secara seksual.

Tetapi berapapun usia Anda, bicarakan dengan perawat atau dokter Anda untuk mengetahui apakah vaksin HPV dapat bermanfaat bagi Anda.

Apakah ada efek samping vaksin HPV?

Penelitian menunjukkan bahwa vaksin itu aman. Efek samping yang paling umum adalah rasa sakit sementara dan kemerahan di tempat Anda mendapatkan suntikan.

Salah satu alasan mengapa vaksin HPV kontroversial adalah karena vaksin itu mencegah infeksi menular seksual, yang membuat beberapa orang percaya bahwa vaksin itu tidak pantas untuk anak-anak. Tapi, masalahnya, vaksin itu bekerja paling baik jika Anda mendapatkannya jauh sebelum Anda berhubungan seks. Jadi sebaiknya Anda mendapatkannya saat Anda masih muda sehingga Anda tidak perlu khawatir terkena jenis kanker tertentu di kemudian hari.

Studi menunjukkan bahwa vaksin HPV tidak menyebabkan orang melakukan lebih banyak seks atau seks di usia yang lebih muda. Jadi memberi anak-anak vaksin HPV tidak mendorong mereka untuk berhubungan seks. Yang dilakukannya hanyalah membantu melindungi mereka dari kutil kelamin dan kanker di masa dewasa.

Jika saya sudah terkena infeksi HPV, apakah vaksin bisa mengobatinya?

Tidak. Jika Anda sudah memiliki infeksi HPV, mendapatkan vaksin HPV tidak dapat mengobatinya. Namun, itu dapat melindungi Anda dari mendapatkan jenis HPV lain.

Jika Anda memiliki infeksi HPV, bicarakan dengan dokter atau perawat Anda untuk mengetahui tes atau perawatan apa yang Anda butuhkan.

Apakah saya masih perlu melakukan tes Pap/HPV jika sudah mendapatkan vaksin HPV?

Ya. Tes pap masih merupakan cara penting untuk menemukan dan mencegah kanker serviks. Vaksin HPV tidak melindungi terhadap semua jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker. Jadi, tetap penting untuk mendapatkan tes Pap/HPV untuk menemukan perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Di mana saya bisa mendapatkan vaksin HPV?

Anda bisa mendapatkan vaksin HPV di banyak pusat kesehatan Planned Parenthood. Anda juga bisa mendapatkannya dari klinik lain, departemen kesehatan, dan perawat dan dokter swasta.

Berapa biaya vaksin HPV?

Setiap dosis vaksin bisa berharga sekitar Rp.1-2jt. Untungnya, banyak perusahaan asuransi kesehatan menanggung vaksin HPV. Ada juga program yang membantu beberapa orang tanpa asuransi mendapatkan vaksin dengan biaya rendah atau tanpa biaya.