Ayo Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Sedini Mungkin

Ayo Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Sedini Mungkin

kanker paru paru - Ayo Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Sedini Mungkin

Definisi Kanker Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ yang paling vital dalam tubuh manusia karena sebagai tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida. Saat kita menarik nafas, oksigen akan masuk dan paru-paru mengembang dan kemudian kita menghembuskan napas, paru-paru akan mengempis dan keluarlah karbon dioksida sebagai gas limbah. Lalu, bisakah anda bayangkan jika seandainya paru-paru terserang kanker? Tentunya akan terjadi hal yang fatal dan berujung kematian. Berdasarkan catatan dunia kesehatan, kanker paru-paru termasuk salah satu penyebab kematian terbanyak, baik pada pria maupun wanita. Kanker paru-paru sendiri adalah kondisi ketika sel-sel jaringan di paru-paru tumbuh dengan luar biasa cepat, menyebabkan tumor terbentuk.

Penyebab

Ada beberapa hal yang disebut-sebut bisa menjadi penyebab kanker paru beberapa di antaranya adalah merokok, penggunaan pipa cangklong, atau cerutu. Selain itu racun yang masuk ke dalam paru-paru secara sengaja atau tidak. Namun beberapa hal di atas tak selalu berkaitan dengan penyakit kanker paru-paru. Bukan berarti setiap perokok akan terkena kanker paru-paru. Orang yang tidak merokok atau perokok pasif juga memiliki kemungkinan terserang kanker paru-paru meski jumlahnya lebih rendah.

Tanda dan Gejala

Gejala kanker paru-paru stadium awal menunjukkan gejala batuk, sesak napas, dan lendir berdarah. Berdasarkan gejala-gejala tersebut, seringkali penderitanya mendapatkan salah diagnosis sebagai TBC atau penyakit flek paru. Di Indonesia, kanker paru menjadi penyebab kematian utama kaum pria dan lebih dari 70 persen kasus kanker paru-paru baru terdiagnosis pada stadium lanjut. Pada tahap awal, tidak ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang jelas. Namun ada beberapa hal sebagai berikut yang biasa menandakan jika seseorang terserang kanker paru-paru:

  1. Batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah
  2. Selalu merasa kehabisan napas
  3. Kelelahan tanpa alasan, dan
  4. Penurunan berat badan yang cukup drastis

Pengobatan dan Pencegahan

Kanker paru-paru diobati dengan beberapa cara, tergantung pada jenis kanker paru-paru dan seberapa jauh kanker telah menyebar. Orang-orang dengan kanker paru non-sel kecil dapat diobati dengan pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, terapi target, atau kombinasi dari perawatan ini. Biasanya, untuk memeriksa atau mendeteksi kanker paru-paru dilakukan beberapa hal berikut :

  • X-ray. Foto rontgen atau X-ray dada (paru-paru) dapat digunakan untuk melihat adanya massa abnormal (tumor) atau nodul.
  • CT-Scan. CT scan cenderung lebih detil dibanding rontgen, karena dapat mendeteksi lesi kecil dalam paru-paru.
  • Sitologi dahak. Pemeriksaan ini ditujukan pada seseorang yang mengalami batuk berdahak. Melihat dahak dengan mikroskop dapat membantu mendeteksi adanya sel kanker pada paru-paru.
  • Sampel jaringan (biopsi). Biopsi dilakukan dengan cara mengambil sejumlah jaringan yang telah dicurigai abnormal. Jaringan yang didapat akan diperiksa di laboratorium patologi anotomi (PA) untuk memastikan adanya kanker ganas atau hanya tumor jinak.

Untuk mencegah segala macam penyakit termasuk kanker paru gaya hidup sehat adalah salah satu hal yang mesti kita lakukan. Tidak peduli berapa usia Anda atau jika Anda memiliki penyakit atau tidak, olahraga dan diet yang sehat akan selalu menjadi landasan untuk tubuh yang sehat. Cobalah untuk berolahraga sebanyak yang Anda bisa, tapi jangan berlebihan. Mempelajari cara untuk mengontrol pernapasan Anda selama olahraga merupakan hal yang penting bagi pasien dengan kanker paru-paru.

Related Posts---

Leave A Reply---

× WhatsApp
Lewat ke baris perkakas