Azoospermia

Azoospermia

Azoospermia Masalah Pria 

Pengertian

Secara umum, sistem reproduksi pria terdiri dari testis, prostat, penis, skortum (buah zakar), epididimis, vas deferens, dan uretra (saluran kencing).

Sebelum menjadi sel sperma yang siap membuahi sel telur, sperma membutuhkan banyak tahapan dan waktu yang lama. Sperma sendiri diproduksi di bagian tubulus seminiferus di dalam testis pria. Proses pembentukan sel sperma di dalam testis dinamakan spermatogenesis. Sel sperma yang sudah matang sempurna kemudian akan dikeluarkan dari epipidimis melalui selang pengangkut vas deferens menuju saluran uretra.

Selama perjalanannya, sperma yang matang ini akan melewati beberapa organ penting, seperti veskulas seminalis dan prostat. Kedua organ tersebut masing-masing akan mengeluarkan cairan khusus untuk mengencerkan sperma dan menciptakan cairan lengket putih susu yang kita kenal sebagai air mani.

Nah, untuk mengeluarkan air mani atau mencapai ejakulasi, pria membutuhkan sebuah rangsangan dengan melihat atau merasakan sesuatu yang membangkitkan gairah seksualnya.

Jenis-jenis azoospermia

  1. Azoospermia pretesticuler
  2. Azoospermia testiculer
  3. Post-testicular azoospermia

Penyebab

Azoospermia terjadi ketika sperma sedang diproduksi di testis, tetapi tidak dapat ejakulasi karena penyumbatan pada saluran genital pria. Ini memiliki banyak penyebab.

  1. Vasektomi. Vasektomi adalah alasan paling umum mengapa sperma tidak dapat mengalir bebas melalui tabung reproduksi.
  2. Infeksi. Infeksi tertentu pada prostat, testis dan saluran reproduksi dapat menyebabkan azoospermia obstruktif.
  3. Komplikasi dari operasi. Jaringan parut dari operasi dapat menghambat aliran air mani.
  4. Kondisi bawaan. Pria yang lahir dengan kista di prostat yang menyumbat saluran sperma, atau mereka yang lahir tanpa semua, atau sebagian, vas deferens mungkin mengalami azoospermia obstruktif.

Para ahli di pusat kesuburan pria dapat membantu pria menentukan apakah azoospermia obstruktif mencegah pembuahan.

Apa itu azoospermia non-obstruktif?

Azoospermia non-obstruktif hadir ketika seorang pria menghasilkan jumlah sperma yang sangat rendah, atau tidak ada sperma sama sekali. Dalam hal ini, kadar sperma seringkali sangat rendah sehingga sperma tidak pernah keluar dari testis. Seorang pria mungkin menghadapi tantangan ini karena berbagai alasan.

  • Masalah genetik sering disebabkan oleh kromosom X .
  • Varikokel atau varises di sekitar testis.
  • Pematangan masalah dengan sperma.
  • Penggunaan testosteron atau steroid anabolik lainnya dapat menyebabkan sterilisasi sementara.
  • Kemoterapi dan radiasi adalah penyebab azoospermia non-obstruktif yang mungkin reversibel.

Jika tes diagnostik menentukan bahwa pasien memiliki azoospermia non-obstruktif, dokter spesialis kesuburan akan mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan.

Pengobatan

Dokter akan dapat melakukan pemeriksaan fisik dan tes diagnostik, yang sering kali mencakup pengujian genetik, untuk menentukan penyebab azoospermia. Setelah membuat diagnosis yang tepat, dokter akan merekomendasikan berbagai pilihan perawatan. Dua yang paling umum termasuk MESA dan TESE.

  1. Aspirasi sperma epididimis mikro (MESA). Prosedur ini melibatkan pengumpulan sperma dari tabung melingkar yang terletak di belakang dan di atas setiap testis.
  2. Ekstraksi sperma epididimis testis (TESE). Sangat mirip dengan MESA, TESE melibatkan pengangkatan jaringan dari testis, yang segera diperiksa untuk keberadaan sperma.

Sperma dari prosedur ini dapat digunakan untuk membuahi sel telur, atau dapat dibekukan untuk digunakan nanti.

Metode MESA dan TESE bersamaan dengan injeksi sperma intracytoplasmic (ICSI), yaitu ketika ahli embriologi menyuntikkan satu sperma sehat ke dalam sel telur.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---