Bahaya Kanker Lambung, Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar

kanker lambung - Bahaya Kanker Lambung, Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar

Apa itu Kanker Lambung?

Kanker lambung, juga dikenal sebagai kanker perut adalah penumpukan sel-sel abnormal yang membentuk massa di bagian perut. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 723.000 kematian terkait kanker disebabkan oleh kanker lambung setiap tahun di seluruh dunia. Ini adalah kanker paling umum kelima di dunia, tetapi penyebab utama ketiga kematian terkait kanker. Mayoritas orang yang didiagnosis menderita kanker lambung sudah mengalami metastasis atau akhirnya mengalaminya. Metastasis terjadi ketika kanker menyebar dari daerah di mana ia pertama kali berkembang.

Penyebab Kanker Lambung

Kanker dimulai ketika struktur DNA berubah. Ketika ini terjadi, itu dapat mengganggu instruksi yang mengendalikan pertumbuhan sel. Sel-sel yang seharusnya mati mungkin tidak melakukannya, dan sel-sel yang seharusnya baru dibuat dapat diproduksi terlalu cepat atau dengan cara yang tidak terkendali. Namun hingga saat ini para ahli tidak yakin mengapa beberapa sel perut bermutasi dan menjadi kanker.

Tanda dan Gejala

Kanker lambung sejatinya sulit dikenali, namun ada beberapa gejala yang terkait dengan kanker lambung. Karena alasan tersebutlah banyak penderita kanker lambung tidak terdiagnosis sampai akhirnya keadaan semakin parah. Biasanya, gejala awal kanker lambung meliputi:

• sensasi sangat kenyang saat makan
  • kesulitan menelan, dikenal sebagai disfagia
  • Perasaan kembung setelah makan
  • sering bersendawa
  • perut mules
  • gangguan pencernaan yang tidak hilang
  • sakit perut, atau sakit di tulang dada
  • Muntah, yang mungkin mengandung darah

Pengobatan

Perawatan untuk kanker perut tergantung pada beberapa faktor, termasuk tingkat keparahan kanker dan keseluruhan kesehatan dan preferensi individu. Perawatan biasanya meliputi operasi, kemoterapi , terapi radiasi dan obat-obatan.

1. Operasi
    Tujuan dokter bedah adalah mengangkat kanker lambung dari tubuh dan juga jaringan sehat. Ini diperlukan untuk memastikan tidak ada sel kanker yang tertinggal.
  2. Kemoterapi
    Kemoterapi adalah perawatan spesialis yang menggunakan obat-obatan untuk menghentikan pembelahan dan pengganda sel kanker yang tumbuh cepat. Obat-obat ini dikenal sebagai obat sitotoksik. Obat tersebut menyebar ke seluruh tubuh pasien dan menyerang sel-sel kanker di lokasi utama kanker dan daerah lain tempat kanker itu menyebar.
  3. Terapi radiasi
    Dalam terapi radiasi, sinar energi digunakan untuk menargetkan dan membunuh sel-sel kanker. Jenis terapi ini tidak biasa digunakan untuk mengobati kanker lambung karena risiko merusak organ-organ lain yang berdekatan. Namun, jika kanker sudah lanjut atau menyebabkan gejala serius, seperti pendarahan atau sakit parah, terapi radiasi adalah pilihan.

Pencegahan

Para ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan kanker lambung, dan tidak ada vaksin yang menentangnya. Karena itu, tidak ada cara untuk mencegahnya. Namun, langkah-langkah berikut dapat diambil untuk mengurangi risiko pengembangan penyakit kanker lambung, diantaranya

• Perbanyak makan buah dan sayuran, Orang yang makan banyak buah dan sayuran biasanya lebih kecil untuk terserang kanker lambung, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.
  • Kurangi makanan asin
  • Jika Anda merokok, berhentilah. Jika Anda tidak merokok, hindari.
  • Cek atau periksa ke dokter secara berkala terkait kesehatan tubuh