Bintik Hitam (Black Dot)

Black Dot Klinik Atlantis

Pengertian

Bintik hitam (Black Dot) ini umumnya berukuran kecil, yaitu sekitar 1-8 milimeter dan jumlahnya pun bermacam-macam, ada pria yang hanya mengalami satu bintik hitam, ada pula yang memiliki lebih dari 100 bintik hitam pada kantung testis dalam satu waktu.

Bintik hitam pada kantung testis (skrotum) umumnya disebabkan oleh angiokeratoma tipe Forcyde. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah yang ada di testis melebar dan menonjol ke permukaan kulit, sehingga membuat kulit tampak berwarna kehitaman.

Selain karena angiokeratoma jenis Forcyde, bintik hitam pada testis juga dapat disebabkan oleh berbagai hal lainnya, di antaranya:
1. Jerawat pada testis
2. Hiperpigmentasi
3. Kutil Kelamin
4. Dermatitis Skrotum

Mereka mungkin terasa bergelombang dan kasar saat disentuh, dan biasanya berwarna ungu tua atau merah, bukan hitam pekat. Angiokeratoma Fordyce juga dapat muncul di batang penis Anda dan di sekitar paha bagian dalam Anda.

Bintik-bintik ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, terutama jika Anda tidak memiliki gejala lain. Teruslah membaca untuk mempelajari mengapa bintik-bintik ini muncul, gejala lain yang harus Anda waspadai, dan apa yang diharapkan dari perawatan.

Faktor penyebab

Dalam banyak kasus, penyebab pasti dari black dot ini belum diketahui. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi (hipertensi) di pembuluh darah skrotum Anda mungkin berperan dalam penampilan mereka.

Mereka mungkin juga lebih mungkin muncul jika Anda pernah mengalami:

1. Wasir
  2. Sindrom iritasi usus
  3. Sembelit kronis

Penyakit Fabry (FD) adalah satu-satunya penyebab bintik hitam di testis yang diketahui. Kondisi ini sangat jarang terjadi, hanya terjadi pada sekitar 1 dari setiap 40.000 hingga 60.000 pria.

FD dihasilkan dari mutasi pada gen GLA Anda. Gen ini bertanggung jawab untuk memproduksi enzim yang membantu sel memecah lemak. Dengan FD, sel-sel Anda tidak dapat memecah jenis lemak tertentu yang kemudian menumpuk di seluruh tubuh Anda. Memiliki terlalu banyak lemak ini di tubuh Anda dapat melukai sel-sel di jantung, ginjal, dan sistem saraf Anda.

Gejala

Bintik-bintik ini biasanya muncul dalam kelompok. Anda mungkin memiliki sebanyak 100 titik pada skrotum Anda pada waktu tertentu. Meskipun mereka mungkin menjadi iritasi atau berdarah jika Anda menggaruknya, mereka kemungkinan tidak akan menyebabkan Anda sakit.

Kebanyakan orang tidak mengalami gejala lain selain bintik hitam. Jika bintik-bintik Anda adalah akibat dari FD, gejala lain mungkin tidak muncul sampai Anda lebih tua.

Selain bintik hitam pada testis atau skrotum,  dapat juga menyebabkan:

• Rasa sakit yang tajam di tangan dan kaki Anda, terutama setelah aktivitas atau olahraga berat
  • Tidak cukup berkeringat (hipohidrosis)
  • Suara dering di telinga Anda (tinnitus)
  • Kekeruhan mata yang terlihat
  • Gejala usus, seperti diare dan sembelit

Diagnosa

Anda harus menemui dokter Anda sesegera mungkin jika Anda melihat bintik-bintik hitam pada testis atau skrotum. Mereka biasanya tidak berbahaya, tetapi dokter Anda akan membantu mendiagnosis atau mengesampingkan kondisi apapun.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat kesehatan Anda. Karena Black Dot ini diturunkan secara genetik, Anda mungkin juga ditanya tentang riwayat kesehatan keluarga Anda.

Tes lain yang mungkin dilakukan dokter Anda meliputi:

1. Tes medis, seperti CT scan atau sinar-X, digunakan untuk melihat bagian tubuh Anda yang mungkin terpengaruh oleh kondisi yang mendasarinya. Ini termasuk jantung atau ginjal Anda.
  2. Tes laboratorium digunakan untuk memeriksa mutasi yang menyebabkan bintik hitam. Dokter mungkin melakukan ini dengan sampel darah, urine, atau jaringan kulit.
  3. Sampel jaringan (biopsi) digunakan untuk menguji enzim yang memecah lemak dalam sel. Biopsi juga dapat menguji bintik-bintik sel kanker untuk menentukan apakah itu melanoma, yang dihasilkan dari bentuk kanker kulit yang langka.

Perawatan

Dengan sendirinya, bintik hitam tidak memerlukan pengobatan. Tetapi jika bintik-bintik itu menyebabkan iritasi atau mengganggu Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang pengangkatannya.

Mereka mungkin merekomendasikan salah satu teknik penghapusan berikut:

1. Elektrodesikasi dan kuretase (ED&C). Dokter Anda menggunakan anestesi lokal untuk mematikan rasa di sekitar bintik-bintik. Setelah area mati rasa, mereka menggunakan alat untuk mengikis bintik-bintik dan menghilangkan jaringan.
  2. Penghapusan laser. Dokter Anda menggunakan teknik laser, seperti laser pewarna berdenyut, untuk menghilangkan pembuluh darah yang melebar yang menyebabkan bintik hitam.
    Krioterapi. Dokter Anda membekukan jaringan di sekitar bintik hitam dan menghilangkannya.

Perawatan lainnya

Dokter mungkin juga meresepkan obat untuk mengobati rasa sakit di tangan dan kaki. Ini termasuk gabapentin (Neurontin) atau carbamazepine (Tegretol).

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718