Chancroid ( Luka Kelamin )

Chancroid Luka Kelamin

Pengertian Chancroid

Chancroid adalah penyakit menular seksual (PMS) bakteri yang disebabkan oleh infeksi Haemophilus ducreyi. Hal ini ditandai dengan ulkus genital nekrotikans yang menyakitkan yang mungkin disertai dengan limfadenopati inguinalis. Ini adalah penyakit yang sangat menular tetapi dapat disembuhkan.

Chancroid pernah sangat umum di banyak wilayah di dunia, tetapi upaya kolaborasi dalam meningkatkan kesadaran sosial dan perubahan selanjutnya dalam praktik seksual, bersama dengan peningkatan diagnosis dan pilihan pengobatan, telah memberantas chancroid sebagai penyakit endemik di negara-negara industri. [1] Pada tahun 2000, proporsi chancroid di antara penyakit ulseratif genital (GUD) menurun dari 69% menjadi 15%

Gejala Chancroid

Gejala Awal Chancroid ditandai dengan munculnya satu atau beberapa benjolan berwarna merah pada area genital setelah tiga atau tujuh hari terinfeksi. Penyakit ini bisa dialami oleh pria maupun wanita.

Apa saja tanda atau gejala chancroid?

• Gejala biasanya terjadi dalam empat hari sampai sepuluh hari dari paparan. Mereka jarang berkembang lebih awal dari tiga hari atau lebih dari sepuluh hari.
  • Ulkus dimulai sebagai benjolan lunak, menonjol, atau papula, yang menjadi luka terbuka berisi nanah dengan tepi yang terkikis atau compang-camping.
  • Ulkus terasa lembut saat disentuh (tidak seperti chancre sifilis yang keras atau kenyal). Istilah chancre lunak sering digunakan untuk menggambarkan luka chancroid.
  • Bisul bisa sangat menyakitkan pada pria tetapi wanita sering tidak menyadarinya.
  • Karena chancroid sering asimtomatik pada wanita, mereka mungkin tidak menyadari adanya lesi.
  • Kelenjar getah bening yang menyakitkan dapat terjadi di selangkangan, biasanya hanya di satu sisi; Namun, mereka dapat terjadi di kedua sisi.

Penularan Chancroid

Chancroid ditularkan melalui dua cara:

• Penularan seksual melalui kontak kulit ke kulit dengan luka terbuka.
  • Penularan non-seksual ketika cairan seperti nanah dari ulkus dipindahkan ke bagian lain dari tubuh atau ke orang lain.

Seseorang dianggap menular ketika ada borok. Belum ada penyakit yang dilaporkan pada bayi yang lahir dari wanita dengan chancroid aktif pada saat melahirkan.

Diagnosa

Diagnosis dibuat dengan mengisolasi bakteri Hemophilus ducreyi dalam kultur dari ulkus genital. Chancre sering dikacaukan dengan sifilis, herpes atau limfogranuloma venereum; oleh karena itu, penting bagi penyedia layanan kesehatan Anda untuk menyingkirkan penyakit ini.

Pewarnaan Gram untuk mengidentifikasi H. ducreyi dimungkinkan tetapi dapat menyesatkan karena organisme lain yang ditemukan di sebagian besar ulkus genital.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718