Definisi, Jenis, Penyebab Serta Cara Pengobatan Kanker Hati

kanker hati - Definisi, Jenis, Penyebab Serta Cara Pengobatan Kanker Hati

Apa itu Kanker Hati?

Kanker hati adalah kanker yang berawal dan bermula dari organ hati, dan bisa menyebar ke organ lain di tubuh. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel di dalam hati bermutasi dan membentuk tumor. Pada faktanya, kanker hati sangatlah berbahaya karena hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi penting. Beberapa diantaranya adalah untuk membersihkan darah dari racun dan zat berbahaya seperti alkohol dan obat-obatan, menghasilkan empedu yang membantu mencerna nutrisi bagi tubuh seperti lemak, serta mengontrol pembekuan darah.

Jenis Kanker Hati

Kanker hati sendiri dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kanker hati primer yang berasal dari sel hati atau sel saluran empedu dalam hati, dan kanker hati sekunder, akibat penyebaran (metastasis) dari kanker di organ lain, misalnya usus besar atau payudara. Kanker hati yang biasanya disertai gangguan fungsi hati berat adalah jenis kanker hati primer, atau lazim dikenal dengan istilah karsinoma hepatoseluler, yaitu kanker yang berasal dari sel hati. Karsinoma hepatoseluler (KHS) umumnya merupakan kelanjutan dari proses sirosis hati, yang terjadi pada pasien hepatitis B atau C, non­ alcoholic fatty liver disease (NAFLD), atau sebab lain. Sementara kanker yang terbentuk di bagian lain dari tubuh lalu menyebar ke hati, hal ini disebut kanker hati sekunder atau metastasis. Dan sebagian besar kanker hati yang terjadi adalah sekunder.

Selain karsinoma hepatoseluler, ada juga beberapa jenis kanker hati primer yang jarang terjadi, antara lain hepatoblastoma dan angiosarcoma. Hepatoblastoma adalah kanker hati yang hanya menyerang anak-anak. Sedangkan angiosarcoma adalah kanker yang tumbuh di sel-sel pembuluh darah di dalam hati. Jenis lain dari kanker hati primer yang jarang terjadi adalah cholangiocarcinoma, yaitu kanker yang berkembang di saluran empedu.

Penyebab Kanker Hati

Kanker hati primer (karsinoma hepatoseluler) cenderung terjadi pada hati yang rusak oleh karena cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, atau infeksi kronis dengan penyakit seperti hepatitis B dan C, hemochromatosis (penyakit keturunan yang terkait dengan terlalu banyak zat besi dalam hati), dan sirosis. Pada kasus tertentu, kanker hati bisa juga disebabkan oleh Aflatoksin yang merupakan zat penyebab kanker yang dibuat oleh sejenis jamur tanaman. Aflatoksin dapat mencemari gandum, kacang, beras, jagung, dan kedelai. Meski begitu, hal ini adalah masalah yang jarang terjadi.

Pengobatan Kanker Hati

Pengobatan kanker hati meliputi pemberian obat-obatan, terapi radiasi, hingga transplantasi hati. Pemilihan metode tersebut tergantung kepada kondisi pasien, serta stadium kanker. Beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan di antaranya:

• Bedah
  • Ablasi tumor
  • Embolisasi
  • Radioterapi
  • Terapi target

Pencegahan

Risiko kanker hati dapat dikurangi dengan menghindari risiko terinfeksi hepatitis B dan C dengan mendapatkan vaksinasi dan melakukan hubungan seksual secara aman. Tidak kalah penting, terapkan gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan dan olahraga teratur agar tubuh terhindar dari obesitas. Selain itu, hindari konsumsi minuman keras berlebihan dan rokok serta pastikan untuk menindik atau menato tubuh (jika melakukan) di tempat yang memiliki tingkat kesterilan yang terjamin.