Depresi

Depresi

Apakah Depresi Itu ?

Berdasarkan data WHO, lebih dari 350 juta orang di dunia mengalami depresi dan pada tahun 2020 diprediksi beban yang di akibatkan oleh depresi akan menempati nomor dua setelah gangguan jantung dan pembuluh darah.

Meskipun semua orang merasa sedih dari waktu ke waktu, depresi merupakan gangguan suasana perasaan dengan disertai lima (atau lebih) gejala lain yang setidaknya berlangsung selama dua minggu dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari serta menurunkan kualitas hidup secara keseluruhan dari orang dengan gangguan depresi.

Apakah Penyebab Depresi ?

Depresi dapat disebabkan oleh beberapa faktor biologis karena ketidakseimbangan zat kimia di otak dan faktor psikososial karena tekanan beban psikis, kematian orang terdekat, masalah pekerjaan dan hubungan dalam lingkup sosial.

Bagi beberapa orang, terutama yang memiliki keluarga dengan depresi cenderung lebih mudah merasa tertekan pasa masa-masa sulit.

Depresi juga sering ditemui pada orang yang mengalami penyakit fisik serius, menahun dan dapat memperburuk kondisi sakitnya.

Dampak Dari Depresi ?

Gejala depresi dapat mempengaruhi pola pikir, perasaan dan perilaku dari orang yang mengalaminya. Orang dengan depresi saring mengalami kesulitan seperti kesulitan dalam tugas pekerjaan/sekolah, kehilangan minat dalam melakukan hobi dan mengatur keuangan atau rumah tangga. Selain itu, orang dengan depresi juga mengalami kesulitan dalam kehidupan sosial seperti membina pertemanan atau perkumpulan komunitas.

Contoh di lingkungan sekolah/kerja :
  1. Mudah lupa
  2. Sulit konsentrasi
  3. Produktivitas menurun
Contoh di lingkungan keluarga :
  1. Masalah rumah tangga da keuangan
  2. Kehilangan minat untuk melakukan hobi
  3. Keluarga kurang harmonis
Contoh di lingkungan sosial :
  1. Mudah tersinggung
  2. Kurang percaya diri
  3. Sulit bersosialisasi

Depresi Bukan Sekedar Perasaan Sedih

Apakah Anda merasa kehilangan tenaga dan semangat untuk memulai dan menyelesaikan kegiatan sehari-hari ?

Apakah Anda kesulitan berkonsentrasi dalam bekerja atau belajar ?

Apakah Anda mengalami penurunan daya ingat atau kesulitan mengingat nama atau daftar belanja dan kehilangan fokus dalam melakukan tugas di rumah atau di tempat kerja ?

Apakah Anda mengalami gangguan tidur dan gangguan nafsu makan ?

Apakah Anda merasa tidak percaya diri dan putus asa ?

Apakah Anda mudah merasa lelah, sakit kepala atau nyeri ?

Bagaimana semua hal di atas mempengaruhi Anda dalam kehidupan sehari-hari ?

Gejala Depresi

Gejala depresi terbagi atas tiga kategori utama, yaitu gejala-gejala terkait perasaan emosional, fungsi kognitif, dan menifestasi fisik. Seseorang bisa memiliki banyak gejala atau hanya beberapa saja tergantung tingkat keparahan depresi masing-masing.

Gejala kognitif pada depresi sangatlah umum bahkan setelah perawatan. Gejala orang pada suatu saat mengalami masalah terkait kognitif seperti memori, atensi, atau konsentrasi , tapi masalah ini dapat terjadi lebih sering pada orang dengan depresi dan dapat memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kehidupan sehari-hari jika tidak segera dilakukan pengobatan yang tepat.

Depresi: Tahapan dari kesembuhan

Mulai

Setelah memulai pengobatan Anda tidak akan merasa lebih baik dengan segera, karena semua obat antidepresan membutuhkan waktu untuk bekerja secara efektif.

Pada tahap awal pengobatan, untuk beberapa orang mungkin akan mengalami efek samping. Silahkan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Perbaikan

Fase ini berlangsung setelah beberapa minggu dan Anda akan mulai merasa lebih tenang, bahagia dan memiliki lebih banyak energi.

Jika pengobatan dihentikan lebih awal, resiko gejala kembali muncul lebih besar.

Jangan Berhenti

Anda akan merasa jauh lebih baik dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Mungkin terpikirkan untuk berhenti meminum antidepresan pada saat ini, TAPI INGAT, sangat penting untuk melanjutkan pengobatan dalam mencapai sepenuhnya.

Untuk memastikan bahwa pengobatan efektif, lanjutkan minum antidepresan sesuai yang disarankan oleh dokter Anda.

Menjadi Diri Anda Kembali

Selama tahap akhir pengobatan ini, Anda akan merasa kembali menjadi diri sendiri lagi dan dapat menikmati kesenangan dalam beraktifitas yang tidak dapat Anda nikmati sebelumnya ketika depresi.

Kesimpulan

Depresi lebih dari suatu keadaan sedih yang berlangsung setidaknya selama dua minggu dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari serta menurunkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Gejala Kognitif seperti memori, atensi atau konsentrasi pada depresi sangatlah umum bahkan setelah perawatan.

Pentingnya kepatuhan dalam pengobatan untuk mencapai kesembuhan sepenuhnya.

Dokter Novi Prasanty, M.Ked(KJ)., Sp.KJ
Dokter Novi Prasanty, M.Ked(KJ)., Sp.KJ

Untuk konsultasi atau pengobatan silahkan hubungi kami Telepon/WhatsApp : 08116131718

× WhatsApp Kami