Eczema

Eczema

Eczema

Eczema merupakan masalah penyakit kulit yang biasa dialami di kalangan bayi berumur di antara 2 hingga 6 bulan, namun begitu orang dewasa juga tidak terkecuali. Keadaan radang pada kulit yang disertai dengan bengkak, gatal dan ruam merah yang kadang-kadang kelihatan seperti kulit melecur yang berair dan menyebabkan kegatalan jika berpanjangan. Eczema selalunya terdapat di muka, pergelangan tangan, pergelangan siku dan lutut.

Faktor penyebab Eczema

Dari faktor fizikal – ahli keluarga yang mempunyai sejarah Eczema, asma atau alergi rhinitis dan makanan, serta faktor iritasi seperti bahan kimia, cuaca terlalu panas dan pemakaian sabun, shampo, bahan pencuci, kosmetik dan sebagainya.

Secara pengertian medis, eczema atau eksim itu kondisi dimana kulit berubah warna menjadi merah, terasa sangat gatal dan iritasi kalau digaruk. Ada beberapa tipe eczema yang harus diwaspadai, yaitu atopic dermatitis, contact dermatitis, dyshidrotic eczema dan seborrheic dermatitis.

Tapi perlu di ingat, eczema bukanlah penyakit yang menular. Seseorang tidak bisa terkena eczema dari orang lain, baik melalui udara ataupun menyentuh kulit secara langsung. Selain itu, Eczema bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Jadi kalau kamu terkena Eczema, kamu harus langsung ke dokter supaya dapat penanganan yang tepat yaa!

Eczema ringan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, tapi dalam beberapa kasus yang parah, sebaiknya untuk membawa anaknya ke dokter supaya mendapat perawatan lebih intensif. Nah, untuk gejala yang sering dialami, berikut beberapa tips yang sangat membantu mengurangi dan menghilangkan eczema:

Jaga kelembapan

Pilih moisturizer bayi yang tidak mengandung kimia berat dan juga tanpa pewangi. Sebenarnya petoleum jelly itu adalah pelembab paling basic yang bisa digunakan. Tapi kalau kamu kurang suka dengan teksturenya yang agak lengket, kamu bisa menggunakan pelembab khusus untuk baby.

Menggunakan Aveeno dan La Roche Posay. Keduanya oke jika dipakai rutin juga bisa mencegah kemerahan jadi parah. Banyak juga brand lain yang berfokus pada Eczema seperti Mustela, Eucerin, Cerave, Dermacalm,dan Cetaphil. Nah, yang sama diantara lotion ini semua: pelembabnya extra moisture, jadi benar2 lembab ga seperti lotion bayi biasa.

Gunakan sabun

Gunakan sabun yang bebas detergent saat mandi. Beberapa kimia di sabun juga dapat menjadi penyebab eczema pada bayi. Biasa sabun yang terlalu keras dan mengandung banyak kimia juga mengeringkan kulit bayi dan memperburuk eczemanya. Dan saat mengeringkan dengan handuk, jangan menggosok kulit bayi, cukup tepuk2 badannya untuk mengirnkan agar kulitnya tidak perih.

Pasangkan sarung tangan

Juga rutin potong kuku dan kikir supaya ga tajam. Karena kebanyakan anak eczema itu gatal, cenderung suka menggaruk. Jadi, pastikan mereka tidak menggaruk ke area eczema supaya tidak menjadi luka.

Posisikan bayi di ruangan yang sejuk

Di cuaca tropis, anak dan baby yang aktif bisa jadi sering berkeringat. Jadi jaga suhu ruangan menjadi sejuk agar keringat bayi berkurang. Jika perlu, saat bayi sangat berkeringat, bilas atau lap dengan kain basah supaya kulitnya segar dan berikan lagi pelembab agar eczemanya cepat reda.

Berikan pakaian yang lembut dan adem

Pakaikan baju berbahan katun yang lembut sehingga bayi juga nyaman dan tidak mudah berkeringat, yang tak kalah penting, cari tau apa penyebab alergi si anak dan hindari. Semisal makanan, atau lingkungan seperti debu, asap rokok ataupun mungkin sabun yang membuat anak alergi dan menjadi muncul eczema. Metode yang paling jitu ialah trial dan error, jadi yah kita perhatikan saja apa yang jadi penyebabnya dan hindari.

Biasanya eczema pada anak akan membaik dan berkurang seiring bertambahnya usia. Namun ada beberapa kasus, bisa hingga si anak dewasa. Jadi, kamu jangan khawatir dan coba jalani step – step di atas ya. Semoga bermanfaat

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis
Follow Instagram: Klinik Atlantis
Follow Facebook: Klinik Atlantis Medan

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Leave A Reply---