Efelid

Efelid

efelid - Efelid

Adalah bintik-bintik kecil melanin di kulit atau membran yang ditemukan pada orang yang berkulit putih, atau kadang juga orang berkulit hitam dari afrika . Efelid diturunkan secara genetis dan berhubungan dengan keberadaan varian gen melanocortin-1 receptor Mc1R, yang bersifat dominan. Selain itu efelid juga dapat disebabkan oleh sinar matahari. Efelid biasanya ditemukan di wajah, namun juga di berbagai tempat di kulit yang terkenal sinar matahari. Efelid jarang ditemukan pada bayi, dan lebih umum pada anak-anak sebelum masa pubertas.

Efelid atau dikenal juga dengan efelis, frekel, freckle, dan frakles ialah bercak perubahan warna akibat menumpuknya pigmen melanin, berukuran kecil ( 3 – 5 mm ), warnanya coklat muda sampai coklat tua dan biasanya sering terlihat pada daerah yang terkena sinar matahari seperti wajah, leher, lengan, bahu dan punggung. Beberapa juga mendefinisikan efelid dengan lebih sederhana, yaitu bintik – bintik hitam pada kulit yang berbeda dengan warna kulit asli, atau bintik – bintik coklat pada kulit yang biasanya sering ditemukan pada orang dengan rambut berwarna terang.

Penyakit ini timbul pada usia antara 2 – 5 tahun dan dapat terus terjadi pada usia dewasa hingga tua. Frekuensi terjadinya pada perempuan dan kali – laki dalah sama. Intinya, penyakit ini dapat mengenai siapa saja, tidak peduli umur dan jenis kelamin. Gejala klinis yang timbul sangat jelas, yakni bercak hitam atau coklat di daerah tubuh yang terkena sinar matahari langsung tanpa perlindungan dari anti UV, bagian tersebut dapat terasa nyeri atau panas.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar, Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---

× WhatsApp