fbpx

Ejakulasi Dini

Ejakulasi Dini

ejakulasi dini - Ejakulasi Dini

Pengertian Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah suatu kondisi ketika seorang pria ejakulasi atau mengeluarkan sperma terlalu cepat saat melakukan hubungan seksual. Kondisi ini dapat mengakibatkan tidak tercapainya klimaks atau kepuasan seksual pada pasangan atau pada pria itu sendiri. Hal itu tentu menjadi masalah terutama bagi pasangan anda.

Sebenarnya tidak ada patokan pasti soal durasi berhubungan seksual yang baik karena hal ini tergantung kepada kepuasan masing-masing pasangan. Namun Anda disarankan menemui dokter jika 50 persen hubungan seksual yang pernah Anda lakukan berakhir dengan ejakulasi dini.

Penyebab

Biasanya, ejakulasi dini terjadi bagi para pria, khususnya yang mengalami stres atau disfungsi ereksi. Menurut para ahli, ejakulasi dini adalah hasil dari masalah psikologis seperti kecemasan berlebihan akan kemampuan seksual, atau perasaan bersalah, dan sebagainya. Selain itu, ejakulasi dini dapat terjadi karena hal-hal fisiologis seperti berikut :

  • Tingkat hormon yang abnormal
  • Tingkat neurotransmitter yang abnormal di otak
  • Aktivitas refleks yang abnormal dari sistem ejakulasi
  • Masalah-masalah pada tiroid
  • Peradangan dan infeksi pada pada prostat atau uretra
  • Genetik
  • Kerusakan pada saraf karena operasi atau cedera (sangat jarang terjadi)

Gejala dan Tanda

Gejala dari ejakulasi dini adalah ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi lebih dari satu menit setelah penetrasi. Namun, kondisi ini dapat terjadi pada situasi seksual apapun, termasuk masturbasi. Ejakulasi dini dapat membuat para pria dan pasangannya tertekan. Apabila kondisi ini sering terjadi, kehidupan seksual menjadi mengecewakan dan akan berdampak negatif juga pada kebahagiaan.

Penanganan

Melakukan konseling atau konsultasi ke dokter adalah hal yang paling realistis, namun bagi sebagian orang hal itu memalukan dan tak mungkin di lakukan. Oleh karena nya, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mencegah ejakulasi dini :

  • Cobalah untuk melakukan posisi hubungan seksual dengan pasangan. Tujuannya adalah agar pasangan dapat dengan mudah menarik penis ketika Anda mulai mendekati ejakulasi. Setelah rasa ingin ejakulasi telah hilang, penetrasi bisa kembali dilanjutkan.
  • Untuk menahan ejakulasi, lakukan teknis bernapas dalam-dalam dan beristirahat sebentar di sela-sela penetrasi. Saat beristirahat, alihkan pikiran ke hal-hal lain agar keinginan untuk ejakulasi menurun.
  • Bagi Anda yang memiliki penis yang sangat sensitif, penggunaan kondom tebal dapat membantu menurunkan sensasi untuk ejakulasi.
  • Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Selain itu, mengatasi ejakulasi dini bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti fluoxetine, sertraline, dan paroxetine. Efek samping ketiga jenis obat ini tergolong ringan, seperti merasa lelah, menjadi sering berkeringat, mual, muntah, dan diare. Efek samping akan reda setelah tubuh menyesuaikan diri dengan obat selama beberapa minggu. Beberapa penderita ejakulasi dini mengaku mengalami kemajuan atas kondisinya setelah menggunakan obat-obatan tersebut selama 7-14 hari.

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami