EM Mayor

Eritema Multiform Mayor  #

Apa itu eritema multiform mayor

Eritema multiform mayor adalah kelainan kulit yang dianggap sebagai reaksi alergi terhadap obat-obatan atau infeksi. Gejalanya adalah area kulit simetris, merah, terangkat yang dapat muncul di seluruh tubuh, meskipun tampak lebih jelas pada jari tangan dan kaki. Tambalan ini sering terlihat seperti “target” (lingkaran hitam dengan pusat ungu-abu-abu). Kondisi kulit mungkin kronis dan biasanya berlangsung selama dua sampai empat minggu setiap kali.

Faktor pemicu

Faktor pemicu Eritema Multiform Mayor (sindrome stevens-johnson) adalah obat (sulfonamid, penisilin, barbiturat, alupirinol, OAINS), infeksi mycoplasma , kehamilan, infeksi streptokokus, hepatitis A dan B, koksidioidomikosis, infeksi virus Epstein-barr.

Gejala

Berikut ini adalah gejala eritema multiform yang paling umum:

• Bercak merah tiba-tiba dan melepuh, biasanya di telapak tangan, telapak kaki dan wajah
    “Target” merah bulat datar (lingkaran hitam dengan pusat ungu-abu-abu)
  • Gatal
  • Luka dingin
  • Kelelahan
  • Nyeri sendi
  • Demam

Paling sering, gangguan ini disebabkan oleh virus herpes simpleks. Ini juga telah dikaitkan dengan mycoplasma pnemoniae serta infeksi jamur. Penyebab lain mungkin termasuk yang berikut:

• Interaksi dengan obat tertentu
  • Penyakit menular lainnya
  • Vaksin tertentu

Gejala eritema multiforme mungkin menyerupai kondisi kulit lainnya. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis.

Perawatan

Perawatan khusus untuk eritema multiforme akan ditentukan oleh dokter Anda berdasarkan:

• Usia Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan riwayat medis
  • Tingkat keparahan kondisi
  • Tahap kondisi
  • Toleransi Anda terhadap obat, prosedur, atau terapi tertentu
  • Harapan untuk jalannya kondisi
  • Pendapat atau preferensi Anda

Eritema multiforme minor tidak terlalu serius dan biasanya sembuh dengan pengobatan untuk mengendalikan infeksi atau peradangan. Namun, jika seseorang mengembangkan bentuk yang lebih parah dari eritema multiforme (eritema multiforme mayor), kondisinya bisa menjadi fatal. Eritema multiforme mayor juga dikenal sebagai sindrom Stevens-Johnson, dan biasanya disebabkan oleh reaksi obat daripada infeksi.

Perawatan mungkin termasuk:

• Mengobati penyakit menular yang menyebabkan gangguan
  • Menghilangkan obat apa pun yang menyebabkan gangguan
  • Kompres dingin
  • Kortikosteroid
  • Antibiotik

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar, Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223