EM Minor

Eritema Multiform Minor

Pengertian

Eritema Multiform telah diklasifikasikan sebagai bagian dari kontinum bersama sindrom Stevens-Johnson (SJS) dan nekrolisis epidermal toksik (TEN), tetapi ini tidak lagi terjadi. Saat ini, EM minor dan mayor diyakini sebagai entitas patologis yang terpisah dari SJS dan TEN. EM minor biasanya melibatkan lesi kulit saja, sedangkan EM mayor juga melibatkan permukaan mukosa. Lesi EM ini adalah reaksi yang dimediasi imun dan paling sering digambarkan sebagai lesi target yang terletak terutama pada ekstremitas dan lebih sedikit pada batang tubuh dan punggung.

Faktor pemicu

Pemicu utama Eritema Multiform Minor adalah infeksi rekuren virus herpes simpleks di bibir, kekambuhan herpes genitalis juga dilaporkan mendahului atau kadang terjadi bersamaan dengan episode kekambuhan EM Minor. EM minor kecil kemungkinannya berkaitan dengan obat.

• Erupsi bersifat akut, swasirna dan sering kambuh
  • Dapat dijumpai tanda – tanda herpes labialis
  • Keterlibatan membran mukosa minimal atau tidak ada.

EM herpes atau bukan

Sebuah studi prospektif tahun 1992 terhadap 20 pasien anak (usia 1 sampai 16 tahun) oleh Weston et al mengevaluasi keterlibatan HSV dalam kasus EM.1 Sepuluh pasien memiliki lesi mukosa mulut yang terkait, riwayat lesi labial HSV sebelumnya, atau kultur HSV positif. dari lesi labial yang terjadi setelah ruam EM; kelompok ini disebut “EM terkait herpes.” Sepuluh kasus EM terpisah hanya melibatkan lesi kulit tanpa riwayat lesi terkait HSV, dan mereka disebut “EM idiopatik.”

Lesi kulit dari kedua kelompok diambil sampelnya, dan reaksi berantai polimerase dilakukan. Pada kelompok EM terkait herpes, delapan dari 10 sampel lesi positif untuk DNA HSV. Pada kelompok EM idiopatik, delapan dari 10 lesi kulit menunjukkan DNA HSV.

Weston lebih lanjut mengklarifikasi, “Tidak ada HSV yang dapat dideteksi dalam biopsi kulit normal yang tidak terlibat dari seorang anak di mana HSV hadir di kulit lesi.”

Spesimen kontrol penyakit kulit bulosa negatif untuk DNA HSV. Penelitian ini tidak menyebutkan berapa banyak anak yang memiliki lesi oral pada saat pengambilan spesimen. Kelompok EM idiopatik tampaknya merupakan EM minor, dan hasil ini menunjukkan HSV mungkin merupakan penyebab umum EM minor pada anak-anak.

Sebuah studi 14 tahun oleh Siedner-Weintraub yang diterbitkan pada tahun 2017 mengevaluasi anak-anak secara retrospektif (n=30) berusia 4 hingga 18 tahun dengan EM.2 Dari 30 anak ini, etiologi umum termasuk idiopatik (15 dari 30), penyakit demam nonspesifik (11 dari 30), riwayat infeksi HSV sebelumnya (7 dari 30), pengobatan baru (5 dari 30), dan pneumonia mikoplasma (4 dari 14). Dalam penelitian ini, hubungan langsung dengan HSV tidak ditemukan karena tidak ada kasus yang memiliki riwayat infeksi HSV baru-baru ini pada minggu-minggu sebelumnya. Namun, hanya delapan dari anak-anak ini yang diuji untuk HSV.

Sebuah studi retrospektif tiga tahun yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh Read dan Keijzers mengidentifikasi sembilan pasien anak dengan EM dengan nol yang memiliki keterlibatan mukosa.3 Dari pasien ini, penyebabnya ditetapkan sebagai infeksi saluran pernapasan atas (tiga dari sembilan), otitis media (tiga sembilan), penyakit virus nonspesifik (dua dari sembilan), dan imunisasi (satu dari sembilan). Tidak ada keterlibatan HSV yang teridentifikasi dalam kasus ini, tetapi pemeriksaan darah dilakukan hanya pada satu pasien, dan semuanya dirawat secara konservatif.

Penyebab lain EM minor yang dilaporkan selain HSV termasuk pneumonia mikoplasma, pneumonia klamidia, anti-epilepsi, dan antibiotik (terutama penisilin dan sulfonamid).4,5

Infeksi HSV memiliki hubungan potensial dengan EM minor pada anak-anak, tetapi tampaknya lebih sering dikaitkan dengan kasus EM dewasa

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022