Fakta Penting Seputar Pap Smear

Fakta Penting Seputar Pap Smear

Fakta Penting Seputar Pap Smear

Pap smear sudah menjadi aktivitas medis yang sebaiknya wajib dilakukan oleh setiap wanita yang telah melakukan hubungan seks. Kenyataannya justru tidak begitu banyak wanita yang mengetahui apa pentingnya pap smear untuk kesehatan Miss V, bahkan tidak sedikit juga yang belum mengerti apa sih itu pap smear. Padahal, pap smear sudah menjadi cara yang paling efektif untuk mendeteksi adanya kanker serviks bagi wanita.

Apa itu pap smear

Pap smear yaitu suatu pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi adanya sel-sel kanker serviks atau leher rahim dan vagina. Pada umumnya, kanker serviks bisa terjadi pada wanita yang kurang cukup menjaga kebersihan vaginanya. Durasi pap smear dilakukan tidak terlalu lama, kurang lebih selama 10-20 menit.

Pemeriksaan pap smear ini dapat dilakukan oleh perempuan berusia 21 tahun ke atas. Namun, jika sudah aktif berhubungan seksual di bawah 21 tahun sebaiknya pun perlu melakukan pemeriksaan pap smear.

Pap smear perlu dilakukan secara rutin agar dapat mengetahui sel-sel bahaya di serviks sejak dini. Apabila dari hasil pemeriksaan pap smear positif atau ditemukan sel-sel bersifat kanker, maka dokter akan menangani penyakit ini lebih awal agar ada peluang harapan besar untuk mendapatkan kesembuhan.

Proses selama pap smear

Disaat pemeriksaan pap smear dilakukan maka dokter akan akan meminta kamu untuk berbaring di salah satu tempat tidur khusus, lalu posisi kaki akan melebar ke samping seperti sedang mengangkang. Setelah itu proses memasukkan alat bernama spekulum ke dalam vagina. Spekulum ini berguna untuk membuka dan melebarkan vagina. Setelah itu hasil sampel tersebut akan diambil dokter menggunakan spatula plastik dan sikat kecil untuk diteliti di laboratorium lebih lanjut.

Tes pap smear sebaiknya perlu dicek secara rutin dan berkala sesuai prosedur. Hal ini bermaksud agar kamu lebih mengetahui sel-sel dari serviks yang mulai terkikis lembut dengan sendirinya.

Mendeteksi Terjadinya Penyakit Menular Seksual

Tidak begitu banyak wanita yang mengetahui akan pentingnya pap smear untuk kesehatan Miss V, pap smear ini sangat membantu untuk mendeteksi terjadinya penyakit menular seksual yang tentu saja begitu membahayakan bagi kesehatan karena dampak infeksi yang ditimbulkan. Tetapi meskipun hal ini tidak selalu terjadi, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan pengecekan demi menghindari resiko penyakit menular tersebut.

Mendeteksi perubahan pada serviks

Manfaat dari pap smear bagi kesehatan Miss V ini selanjutnya ialah membantu mendeteksi adanya perubahan pada serviks atau yang sering juga disebut dengan dysplasia. Perubahan serviks ini akan menjadi potensi terbentuknya sel-sel kanker pada leher rahim dan nantinya hasil pemeriksaan akan digunakan oleh dokter sebagai pengarah untuk memberikan tindakan selanjutnya dalam mengatasi dan mencegah dari perubahan tersebut sebelum menjadi sel-sel kanker berbahaya.

Mendeteksi Adanya Infeksi pada Miss V

Salah satu penyebab dari infeksi pada Miss V yaitu karena adanya bakteri Actinomyces. Nah, supaya dapat mendeteksi kemunculannya pada Miss V, maka kamu akan disarankan untuk melakukan pap smear. Dan biasanya, kamu yang menggunakan IUD akan lebih beresiko terserang infeksi ini. Nantinya dokter pun pasti akan menyarankan untuk mengonsumsi antibiotik demi menghentikan penggunaan IUD.

Mengetahui Terjadinya Radang pada Miss V

Terdapat dua hasil dalam pemeriksaan pap smear baik secara normal dan juga tidak normal. Salah satu penyebab hasil pap smear yang tidak normal adalah dimana adanya terjadi radang pada leher rahim. Setelah itu dokter akan menyampaikan bahwa radang yang terjadi tersebut bersifat berbahaya, maka kamu tak perlu khawatir. Karena nantinya dokter pasti akan menyarankan kamu untuk melakukan pemeriksaan lanjutan terkait terjadinya radang pada Miss V tersebut.

Faktor pendukung pap smear agar akurat

Saat kamu ingin melakukan pemeriksaan pap smear, ada baiknya memastikan terlebih dahulu kamu sedang tidak menstruasi. Karena bila pap smear ini dilakukan disaat sedang kamu menstruasi maka tanpa disadari dapat menyebabkan hasil tes yang kurang akurat. Demi medapatkan hasil yang akurat sebaiknya tetap memperhatikan faktor pendukung seperti berikut :

  1. Sedang tidak dalam kondisi hamil
  2. Buat air kecil terlebih dahulu agar kandung kemih kosong sebelum melakukan pap smear
  3. Tidak berhubungan seksual selama dua hari sebelum pap smear
  4. Tidak sedang menggunakan obat yang mengandung estrogen atau progestin karena dapat mempengaruhi hasil tes
  5. Menghindari kontrasepsi vagina seperti penggunaan busa atau krim yang diletakkan di vagina dua hari sebelum pap smear

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Reservasi Online: Disini

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis
Follow Instagram: Klinik Atlantis
Follow Facebook: Klinik Atlantis Medan

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

1 Comments ---

  1. erectile dysfunction medications
    erectile function in vagina erectile winstrol best erectile vacuum pump

Leave A Reply---