Fikomikosis Subkutis

fikomikosis subkutis - Fikomikosis Subkutis

Definisi

Apa itu Fikomikosis Subkutis?

Fikomikosis Subkutis adalah infeksi jamur dengan memberikan gejala pembengkakan dibawah kulit yang teraba keras kenyal dengan batas tegas dan terasa sakit. Bagian tubuh yang paling sering diserang penyakit ini adalah kaki, tangan, leher dan dada serta dapat meluas ke mata. Bahkan pada penderita penyakit diabetes melitus keganasan ini dapat meluas sampai ke otak, paru paru dan saluran pencernaan hinga menyebabkan penyakit sistemik.

Penyebab

Penyebab penyakit ini adalah jamur jenis Mucorales dan Basidiobolous. Dan biasanya jamur ini tumbuh pada daerah yang dekat dengan lingkungan kotor atau busuk, namun hal lain yang lebih berperan seseorang bisa terjangkit penyakit ini adalah karena gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu penyakit lain yang bisa menyebabkan penyakit ini adalah penyakit kencing manis, konsumsi obatan mengandung steroid secara berlebihan, penyakit asidosis metabolic dan penyakit leukimia.

Tanda dan Gejala

Ada beberapa hal umum yang biasanya di alami si penderita Fikomikosis Subkutis ini, antara lain :

• Demam.
  • Pembengkakan mata.
  • Ada benjolan di bawah kulit.
  • Kemerahan pada kulit.
  • Timbul fistulasi dengan mengeluarkan cairan serosangeuniosa.

Pengobatan

Jika si penderita penyakit ini masih termasuk golongan ringan maka penderita dapat diobati dengan mengkonsumsi obat yang dimakan (oral), namun jika penyakit ini sudah termasuk kronis, maka dapat melalui pemberian obat jenis amfoterisin B secara intraverna atau melalui pembuluh darah.