fbpx

Gastroenteritis

Gastroenteritis

Gastroenteritis 600x600 - Gastroenteritis

Norovirus dan rotavirus merupakan virus penyebab gastroenteritis yang dapat menimbulkan diare dan muntah. Dalam beberapa kasus lainnya, gejala lain yang ditimbulkan seperti sakit kepala, demam, perut nyeri, mual, dan kejang otot.

Pemicu lainnya yakni keracunan makanan seperti daging, unggas, produk susu, kerang, telur dan beras. Ini adalah jenis makanan yang sering terinfeksi bakteri salmonella, E.Coli, dan campylobacter.

Gejala gastroenteritis dapat muncul mulai dari satu jam hingga beberapa hari setelah terinfeksi. Gejala ini tergantung pada jenis bakteri yang terlibat dan tingkat keparahannya.

Beberapa gejala gastroenteritis paling umum seperti:
1. Gejala utama biasanya diare berair dan merasakan sakit hingga mulai muntah.
2. Dalam beberapa kasus, gastroenteritis mungkin mengeluarkan darah atau lendir di tinja.
3. Sakit perut kram biasa terjadi dan ini mungkin datang dan pergi. Rasa sakit biasanya menjadi lebih buruk sebelum buang air besar dan mereda setelahnya.
4. Anda mungkin juga mengalami kenaikan suhu tubuh, kelelahan dan nyeri otot.
5. Jika Anda menjadi sangat lemah, sulit bangun, mata cekung, menjadi sangat pucat, susah minum atau kulit dan lidah menjadi kering, Anda mungkin sudah mengalami dehidrasi akut yang butuh bantuan medis.

Penyakit jangka panjang

Bagaimana jika gejala gastroenteritis masih bertahan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun ke depan?

Bukti pemasangan menghubungkan infeksi bakteri, virus, dan parasit dengan peningkatan risiko pengembangan sindrom iritasi usus besar. Satu studi diikuti pasien yang mengalami gastroenteritis akut saat wabah besar di 2000. Prevalensi sindrom iritasi usus besar pada tiga tahun sangat tinggi pada 28.3%. Delapan tahun setelah wabah itu masih tinggi di 15.4%.

Berikut Agar Anda tidak mudah terkena gastroenteritis sebaiknya:
1. Selalu cuci tangan sebelum makan dan setelah dari kamar mandi.
2. Kedua, cuci semua peralatan yang digunakan untuk mengolah daging dan unggas dengan air panas.
3. Jika Anda berada di luar negeri, hindari makan makanan mentah atau warung pinggir jalan dan minum air kemasan atau matang, serta hindari menggunakan es batu.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami