Gatal Kelamin

gatal pada kelamin - Gatal Kelamin

Gatal pada daerah kelamin dapat terjadi baik pada pria atau wanita dan disebabkan oleh berbagai faktor. Gatal yang dirasakan terkadang juga diikuti rasa panas, terbakar, kering, dan muncul cairan atau pus dari alat kelamin.

Gatal pada daerah kulit kelamin biasa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau jamur dan alergi karena bahan-bahan iritan. Beberapa kasus lain yaang ditemukan bahwa adanya penyakit menular seksual sebagai pemicu gatal pada daerah kelamin.

Gatal pada kemaluan wanita dan pria secara umum tidak terlalu berbeda, kecuali untuk beberapa penyebab tertentu. Secara umum gatal pada kulit kelamin disebabkan oleh 4 faktor utama yaitu jamur, bakteri, alergi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Gatal pada kemaluan wanita atau gatal vagina, bisa jadi merupakan ciri-ciri dari terjadinya infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal:

• Krim atau cairan pembilas vagina.
  • Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang.
  • Pembalut saat haid.
  • Bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain.
  • Keputihan.
  • Pakaian (termasuk pakaian dalam) yang terlalu ketat, atau berbahan tidak menyerap keringat.
  • Penyakit menular seksual seperti chlamydia, kutil, dan herpes.
  • Kudis.
  • Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Deterjen.
  • Kertas toilet.
  • Stres.

Pria