Gejala Herpes

Pengertian

Penyakit yang disebabkan oleh virus HSV (Herpes Simplex Virus) ini biasanya juga disebut sebagai penyakit cacar.

Penyebab herpes adalah penyakit yang sangat berkaitan dengan masalah daya tahan tubuh, maka kamu harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima. Ketika daya tahan tubuhmu prima, virus herpes akan berdiam di tubuh dan tidak menyebabkan gejala gangguan kesehatan seperti gatal dan luka melepuh.

Namun, ketika daya tahan tubuh kamu merosot, virus herpes ini kembali menyebabkan luka yang kemudian merah, gatal, dan berair.

Bagi orang yang terserang herpes biasa nya menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut :

• Menggigil
  • Sesak napas
  • Nyeri di persendian
  • Pegal di satu bagian rubuh
  • Muncul bintik kemerahan pada kulit
  • Sakit perut

Penyebab herpes

Herpes simpleks tipe 1, yang ditularkan melalui sekresi mulut atau luka pada kulit, dapat menyebar melalui ciuman atau berbagi benda seperti sikat gigi atau peralatan makan. Secara umum, seseorang hanya bisa mendapatkan infeksi herpes tipe 2 selama kontak seksual dengan seseorang yang memiliki infeksi HSV-2 genital. Penting untuk diketahui bahwa HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebar meskipun tidak ada luka.

Wanita hamil dengan herpes genital harus berbicara dengan dokter mereka, karena herpes genital dapat ditularkan ke bayi saat melahirkan.

Bagi banyak orang dengan virus herpes, yang dapat melalui periode tidak aktif, serangan (atau wabah) dapat disebabkan oleh kondisi berikut:

1. Penyakit umum (dari penyakit ringan hingga kondisi serius)
  2. Kelelahan
  3. Stres fisik atau emosional
  4. Imunosupresi karena AIDS atau obat-obatan seperti kemoterapi atau steroid
  5. Trauma pada area yang terkena, termasuk aktivitas seksual
  6. Haid

Diagnosa

Seringkali, munculnya virus herpes simpleks adalah tipikal dan tidak diperlukan pengujian untuk memastikan diagnosis. Jika layanan kesehatan penyedia tidak yakin, herpes simpleks dapat didiagnosis dengan tes laboratorium, termasuk tes DNA – atau PCR – dan kultur virus.

Pengobatan herpes

Meskipun tidak ada obat untuk herpes, perawatan dapat meredakan gejalanya. Obat dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan wabah dan dapat mempersingkat waktu penyembuhan. Mereka juga dapat mengurangi jumlah wabah. Obat-obatan termasuk Famvir , Zovirax , dan Valtrex adalah beberapa obat yang digunakan untuk mengobati gejala herpes. Mandi air hangat dapat meredakan rasa sakit yang terkait dengan luka genital.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718