Gejala Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks)

Gejala Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks)

Gejala Kanker Leher Rahim  #

Pengertian

Bertahun-tahun yang lalu, kanker serviks adalah salah satu penyebab paling umum kematian akibat kanker bagi wanita. Hari ini, jumlah itu telah turun lebih dari 40 persen. Peningkatan skrining pencegahan, lebih sering disebut sebagai tes pap smear, merupakan kontributor besar untuk ini.

Kanker serviks adalah kanker serviks uteri, bagian rahim yang menempel pada bagian atas vagina. Pada tahap awal kanker serviks mudah diobati dan disembuhkan; Oleh karena itu, pemeriksaan pap smear rutin untuk skrining kanker serviks sangatlah penting. Human papilloma virus (HPV) telah terbukti menjadi faktor penyebab sebagian besar kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks

Gejala kanker serviks mungkin termasuk keputihan yang persisten dan pendarahan vagina yang tidak normal. Wanita dengan kanker serviks mungkin tidak mengalami gejala apapun. Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang faktor resiko Anda dan seberapa sering Anda harus melakukan pap smear untuk skrining kanker serviks.

Tes pap smear preventif digunakan untuk menemukan sel prakanker yang mungkin merupakan tanda kanker serviks stadium awal. Jika kanker telah berkembang, Anda mungkin memperhatikan tanda dan gejala berikut:

  • Pendarahan vagina yang tidak normal
  • Peningkatan keputihan
  • Pendarahan setelah menopause
  • Sakit saat berhubungan
  • Nyeri panggul

Skrining Kanker Serviks

Faktor-faktor resiko berikut dapat membuat seorang wanita lebih rentan terkena kanker serviks:

  1. Hubungan seksual di usia yang sangat muda
  2. Banyak pasangan seksual atau memiliki pasangan yang memiliki banyak pasangan seksual
  3. Pap smear yang jarang
  4. Pap smear sebelumnya menunjukkan sel-sel prakanker
  5. Infeksi human papiloma virus (HPV)

Pap smear dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan kanker serviks, tetapi tidak memberikan diagnosis yang pasti. Jika seorang wanita memiliki pap smear yang abnormal, dia mungkin menjalani kolposkopi, yang memungkinkan dokter untuk melihat serviks dengan lebih baik untuk menentukan dengan lebih baik apakah ada sel prakanker atau kanker serviks. Biopsi serviks mungkin diperlukan.

Jika diagnosis kanker serviks dibuat, berbagai tes dapat dilakukan. Tes-tes ini, bersama dengan hasil biopsi tumor asli, membantu dokter Anda menentukan tingkat keparahan atau stadium kanker, yang sebagian didasarkan apakah kanker itu telah menyebar ke area lain di tubuh.

Mengobati Kanker Serviks

Pengobatan untuk kanker serviks sangat tergantung pada lokasi dan ukuran tumor, kondisi medis dan usia, serta jenis dan stadium kanker. Setelah pengujian menyeluruh, bekerja dengan dokter obgyn Anda, dan mendiskusikan pilihan Anda, rencana perawatan Anda mungkin termasuk:

  • Operasi
  • Terapi radiasi
  • Terapi hormon
  • Kemoterapi intraperitoneal

Bersama-sama, Anda dan dokter obgyn Anda akan menentukan terapi atau kombinasi terapi terbaik untuk kebutuhan Anda. Kami di sini untuk memandu Anda melalui perjalanan kanker Anda, di setiap langkahnya.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan dokter lebih lanjut.

Pap Smear Klinik Atlantis Medan

Telepon : 0811-6131-718

WhatsApp : 0811-613-1718

Reservasi Online : Klik Disini