Gejala Kutil Kelamin

Gejala

Gejala yang ditimbulkan oleh kutil kelamin biasanya adalah ditemukannya benjolan kulit dengan permukaan yang cenderung cukup besar dan kasar.

Penyakit kutil ini dapat juga disertai dengan rasa gatal, nyeri, dan sensasi terbakar. Kutil yang tumbuh dalam lubang vagina dapat menyebabkan perdarahan dan juga keputihan.

Penyebaran

Selain pada area tersebut, kutil kelamin juga dapat tumbuh di lidah, bibir, mulut, tenggorokan dan biasanya hal itu terjadi karena melakukan oral seks terhadap atau dengan orang yang terinfeksi kutil kelamin.

Berdasarkan penampakan nya, kutil kelamin berukuran kecil, dengan warna serupa kulit atau sedikit lebih gelap.

Oleh karena itu, kutil kadang sulit terlihat dengan kasat mata. Kutil dapat tumbuh secara tunggal, dan bisa juga berkelompok. Walaupun demikian, kutil kelamin tetap dapat menimbulkan sejumlah gejala, antara lain gatal dan rasa tidak nyaman di area kelamin, sensasi seperti terbakar, serta nyeri dan perdarahan saat berhubungan intim.

Faktor resiko

HPV adalah virus yang mudah menular. Dapat menular lewat kontak kulit. Kontak seksual dengan pengidap merupakan penyebab kasus penularan HPV yang paling sering terjadi.

Sebagai penyebab kutil kelamin yang paling umum, HPV 6 dan HPV 11, virus tersebut biasanya tidak menyebabkan kanker. Sedangkan HPV 16, merupakan penyebab kebanyakan kanker. HPV 18, 31, dan 45 juga jenis berisiko, artinya menyebabkan kanker, terutama kanker serviks.

Pencegahan

Selain itu, hal yang paling umum dilakukan agar tidak terjangkit penyakit ini dapat melakukan vaksinasi HPV. Vaksin HPV diberikan 2 atau 3 kali sebelum seseorang mulai aktif secara seksual, yaitu mulai usia 10 sampai 18 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian vaksin pada usia yang dianjurkan dapat mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.

Namun penggunaan vaksin biasanya menimbulkan efek samping ringan, seperti nyeri pada area bekas suntikan, pusing, sakit kepala, serta flu atau pilek.

Pengobatan

Jika kutil kelamin yang muncul terus-menerus tumbuh, maka pengobatan laser akan dilakukan. Sebelum melakukan pengobatan laser, biasanya dokter akan memberikan krim mati rasa untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022