Gejala Kutil Kelamin

gejalakutilkelamin - Gejala Kutil Kelamin

Selain pada area tersebut, kutil kelamin juga dapat tumbuh di lidah, bibir, mulut, tenggorokan dan biasanya hal itu terjadi karena melakukan oral seks terhadap atau dengan orang yang terinfeksi kutil kelamin.

Berdasarkan penampakan nya, kutil kelamin berukuran kecil, dengan warna serupa kulit atau sedikit lebih gelap.

Oleh karena itu, kutil kadang sulit terlihat dengan kasat mata. Kutil dapat tumbuh secara tunggal, dan bisa juga berkelompok. Walaupun demikian, kutil kelamin tetap dapat menimbulkan sejumlah gejala, antara lain gatal dan rasa tidak nyaman di area kelamin, sensasi seperti terbakar, serta nyeri dan perdarahan saat berhubungan intim.

Selain itu, hal yang paling umum dilakukan agar tidak terjangkit penyakit ini dapat melakukan imunisasi HPV. Vaksin HPV diberikan 2 atau 3 kali sebelum seseorang mulai aktif secara seksual, yaitu mulai usia 10 sampai 18 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian vaksin pada usia yang dianjurkan dapat mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen.

Namun penggunaan vaksin biasanya menimbulkan efek samping ringan, seperti nyeri pada area bekas suntikan, pusing, sakit kepala, serta flu.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022