Gonore

bahaya penyakit kencing nanah atau gonore

Diperkirakan terdapat sekitar 2 juta kasus baru di Indonesia setiap tahunnya. Sedangkan di AS, angka kejadian gonorea merupakan infeksi menular seksual ke-2 terbanyak setelah chlamydia.

Pengertian

Pada umumnya, orang yang memiliki riwayat penyakit gonorea dan melakukan seks tidak aman dengan penderita gonorea lebih rentan terjangkit penyakit ini. Uretritis gonorea adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri gonorea neisseria yang menyebabkan gonorea.

Seks tanpa kondom dan gonta-ganti pasangan seks akan meningkatkan risiko bakteri menyebar dari orang yang terinfeksi dan menjadi penyebab utama penyakit ini.

Biasanya orang yang terserang penyakit Uretritis Gonorea ini akan mendapati beberapa hal berikut terjadi pada dirinya:

1. Nyeri saat buang air kecil atau
  2. Nyeri saat berhubungan seks
  3. Kencing darah atau nanah
  4. Demam
  5. Rasa sakit di area bawah perut
  6. Keputihan dan vagina berbau tidak sedap
  7. Kelenjar getah bening di panggul bengkak

Komplikasi

Pada dasarnya jika seseorang yang terdiagnosis dan diterapi dengan benar dan tepat, gonore ini bisa disembuhkan dan pengobatannya pun bisa berlangsung cukup singkat tidak terlalu memakan waktu lama. Namun jika gonore yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapatkan pengobatan secara benar maka akan dapat menyebabkan komplikasi ringan hingga berat.

Gonore yang tidak segera diobati akan menyebar ke darah atau sendi-sendi si penderita bahkan bisa mengancam jiwanya. Pada beberapa kasus, jenis infeksi menular seksual yang satu ini dapat juga meningkatkan peluang untuk mendapatkan atau menularkan HIV/AIDS.

Pencegahan

Penyakit gonore dapat dicegah dengan melakukan hubungan intim yang aman, seperti menggunakan kondom dan tidak berganti-ganti pasangan. Selain itu juga gaya hidup berikut ini dapat membantu mencegah gonore :

1. Menggunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks
  2. Tidak ganti-ganti dalam pasangan seks