Gonore (Kencing Nanah)

Gonore (Kencing Nanah)

gonore kencing nanah - Gonore (Kencing Nanah)

Pengertian Gonore

Penyakit kencing nanah atau dalam dunia kedokteran disebut Gonore merupakan suatu penyakit menular seksual yang masuk dalam kategori penyakit kelamin dan umum di alami oleh pria maupun wanita karena disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi.

Pada wanita, gonore juga dapat mempengaruhi organ reproduksi. Bakteri penyakit ini bisa menyerang dubur, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. Gonore paling sering menular melalui hubungan seks, seperti seks oral atau anal serta mainan seks yang terkontaminasi.

Pada kasus tertentu, gonore juga bisa menyerang bayi yang dilahirkan dari seorang ibu yang terinfeksi penyakit tersebut dan biasanya menjangkiti pada bagian mata bayi hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen. Namun, bakteri gonore tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, gonore tidak menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

Orang yang terkena penyakit ini biasanya tidak akan langsung menunjukkan gejala langsung saat pertama kali terinfeksi. Gejala biasanya muncul sekitar 10-20 hari setelah infeksi.

Gejala pada laki-laki

Sebagian besar laki-laki mungkin tidak akan menyadari gejala bahwa ia telah mengidap gonore, karena beberapa laki-laki memang tidak mendapatkan gejalanya. Gejala yang paling umum dan paling pertama dikenali adalah rasa panas atau terbakar ketika buang air kecil. Setelah itu akan diikuti oleh gejala lainnya berupa:

  • Frekuensi buang air kecil yang cukup sering
  • Keluarnya nanah dari penis (tetesan cairan) berwarna putih, kuning, krem atau kehijau-hijauan)
  • Bengkak dan kemerahan pada bukaan atau kulup penis
  • Bengkak atau nyeri pada testis
  • Sakit tenggorokan yang datang terus-menerus

Gejala pada wanita

Beberapa perempuan sulit mengidentifikasi gejala gonore ini, sebab gejala yang muncul ada kemiripan dengan infeksi lain. Gejala penyakit seksual menular pada perempuan ini awalnya tidak terbentuk dengan jelas, seperti infeksi jamur vagina pada umumnya, sehingga beberapa perempuan salah menebak infeksi yang diidapnya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul pada perempuan:

  • Keluar cairan dari vagina (berair, menyerupai krim, sedikit kehijauan)
  • Ketika buang air kecil, adanya sensasi nyeri dan rasa panas
  • Frekuensi buang air kecil yang cukup sering
  • Munculnya bercak darah atau perdarahan saat tidak sedang menstruasi
  • Rasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual
  • Rasa nyeri juga dirasakan pada perut bagian bawah atau nyeri panggul
  • Bengkak pada vulva
  • Rasa terbakar atau panas di tenggorokan (ketika sudah melakukan oral seks)

Cara Mengobati dan Tips Pencegahan Gonore

Untuk mengobati gonore sebaiknya segera di periksakan ke dokter dan biasanya dokter akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik serta menganjurkan agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan setelah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya. Gejala akibat bakteri gonore akan membaik setelah beberapa hari jika dilakukan pengobatan yang efektif dan sesegera mungkin. Tapi jika dibiarkan, bisa menjadi masalah yang serius.

Gonore sendiri dapat dicegah agar tidak terinfkesi kembali atau menular pada orang lain dengan tidak berhubungan seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang telah terbukti negatif. Anda bisa terkena penyakit gonore kembali jika tidak melakukan hubungan seks yang sehat. Jangan berganti-ganti pasangan, tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom jika melakukan hubungan seks.

Be Smart, Sharing!

Related Posts---

Leave A Reply---

× WhatsApp