fbpx

Granuloma Inguinale

Granuloma Inguinale

Granuloma Inguinale - Granuloma Inguinale

Granuloma inguinale lebih banyak dialami oleh pria dibanding wanita, dengan usia antara 20-40 tahun. Penyakit, ini dapat menyebar melalui hubungan seksual. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan hubungan seksual yang aman dengan menggunakan alat kontrasepsi (kondom) dan tidak sering berganti-ganti pasangan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

Gejala granuloma inguinale atau donovanosis akan mulai terlihat setelah 1 hingga 12 minggu pasca paparan bakteri. Pada pria, area yang dapat terkena infeksi granuloma adalah penis, skrotum, paha, dan wajah. Sedangkan pada wanita adalah vulva, vagina, daerah antara vagina dan anus (perineum), dan wajah. Bokong dan anus (dubur) juga dapat terkena pada penderita yang melakukan hubungan seks anal.

Terdapat tiga tahap perkembangan luka pada kulit. Tahap pertama, benjolan merah kecil yang tampak seperti jerawat kemudian membesar dengan permukaan yang lembut. Meski tidak terasa sakit, perdarahan mudah terjadi saat terluka. Pada tahap kedua, infeksi mulai merusak kulit.

Dalam tahap ini, luka (ulkus) berkembang menjadi tukak kering yang besar,sehingga tampak seperti kutil kelamin (hypertrophic atau verrucous type). Tukak tersebut disertai bau tidak enak. Pada tahap ketiga, tukak berkembang lebih dalam, sehingga membentuk jaringan parut pada area tersebut (necrotic type).

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Phone/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami