Hepatitis E

07 09 2019 penyakit hepatitis e - Hepatitis E

Hepatitis E adalah infeksi hati akut berpotensi serius, yang disebabkan oleh virus HEV. Berbeda dengan jenis hepatitis lain, penyebaran virus hepatitis E terjadi saat seseorang mengonsumsi air atau yang terkontaminasi virus HEV. Penularan Hepatitis E juga dapat terjadi melalui transfusi darah, ibu hamil ke janin, serta hewan yang terinfeksi virus HEV.
Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya ada sekitar 20 juta infeksi hepatitis E. Hampir lebih dari 56 ribu kasus di antaranya berakhir dengan kematian.

Hepatitis bisa menyerang siapa saja, tetapi terdapat beragam faktor yang meningkatkan resiko yang membuat seseorang lebih rentan terhadap virus hepatitis E, antara lain:

• Kebersihan pribadi yang buruk
  • Virus hepatitis E masuk ke feses ketika BAB
  • Berhubungan intim tanpa menggunakan kondom dan seks bebas (berganti-ganti pasangan)
  • Tinggal dengan seseorang yang menderita infeksi HEV kronis
  • Bepergian ke wilayah dengan tingkat infeksi HEV yang tinggi

Infeksi dan gejala dari penyakit ini disebabkan oleh HEV (Hepatitis E Virus) dan bisa ditularkan melalui makanan atau air yang sudah terkontaminasi oleh feses pengidap hepatitis E. Selain dari makanan dan minuman, penularan hepatitis E juga bisa terjadi lewat transfusi darah, antara ibu dengan janin jika si ibu terinfeksi, serta  hubungan seks tanpa pengaman. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnuya, jika seseorang terjangkit hepatitis E maka orang tersebut akan mengalami infeksi hati akut.

Kebanyakan orang yang terinfeksi HEV sewaktu dewasa bisa pulih sepenuhnya hanya dengan sedikit komplikasi. Angka kematian untuk virus ini termasuk rendah.

Namun demikian, pada kasus langka infeksi ini bisa menyebabkan gagal hati yang mengancam nyawa. Ibu hamil yang positif HEV paling berisiko untuk memiliki komplikasi fatal ini. Risiko bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah untuk terkena infeksi hepatitis E kronis lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya.

Pada umumnya gejala HEV bisa muncul sekitar 2 sampai 7 minggu setelah terpapar virus, dan biasanya berlangsung selama sekitar 2 bulan. Gejala hepatitis E yang umum, meliputi:

• Menguningnya warna kulit dan mata
  • Urin gelap seperti teh
  • Nyeri Sendi
  • Hilang nafsu makan
  • Nyeri perut
  • Pembengkakan hati
  • Gagal hati akut
  • Mual
  • Muntah
  • Kelelahan
  • Demam

Agar tak terkena penyakit yang satu ini, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penularannya:

1. Mencuci tangan secara rutin : Salah satu cara paling efektif untuk mencegah hepatitis E adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

2. Menghindari makanan yang tidak aman : Virus hepatitis E tidak hanya bersarang pada makanan yang mentah. Makanan yang telah berada pada suhu ruang cukup lama juga berisiko.

3. Menghindari air dan minuman terkontaminasi : Anda perlu memerhatikan apa yang Anda minum demi mencegah hepatitis E. Pastikan Anda selalu meminum air matang atau yang telah direbus.

4. Mencegah penularan : Jika di sekitar Anda terdapat orang yang terkena hepatitis E, maka Anda perlu menghindari untuk melakukan kontak dengan pasien.

Tujuan pengobatan adalah untuk menyingkirkan virus dari tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh Anda cukup kuat, Anda mungkin tidak membutuhkan obat-obatan. Dokter bisa menganjurkan Anda untuk:

• Beristirahat di rumah sampai energi Anda kembali. Begitu Anda merasa lebih baik, jangan terburu-buru untuk kembali ke rutinitas Anda yang biasa. Jika Anda mencoba untuk kembali aktif dengan cepat, Anda bisa merasa sakit lagi.
  • Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Pilihlah cairan tinggi kalori seperti jus buah dan sup kaldu.
  • Jalani diet sehat, hindari beberapa makanan tertentu.
  • Jangan minum alkohol atau menggunakan narkoba. Keduanya dapat merusak hati.

Tlp/WA: 0811-6131-718