Hernia

Hernia Turun Berok 

Pengertian

Hernia lebih jarang terjadi pada wanita, dengan risiko seumur hidup hernia inguinalis pada wanita menjadi 3%. Wanita berada pada risiko yang lebih besar daripada pria untuk hernia femoralis, atau mungkin memerlukan perbaikan bedah untuk hernia perut ventral. Salah satu jenis hernia ventral, yaitu hernia umbilikalis, dapat terjadi pada bayi dan anak-anak. Ini bisa menjadi hasil dari cacat dinding perut yang hadir saat lahir. Anak-anak juga bisa mendapatkan hernia inguinalis tidak langsung, menyebabkan tonjolan yang dapat dilihat dan dirasakan.

Apa itu Hernia

Tanda paling khas dari hernia adalah tonjolan di bawah kulit di selangkangan atau perut. Anda mungkin juga merasakan sakit saat mengangkat, batuk, atau mengejan. Kondisi umum ini mempengaruhi pria, wanita dan anak-anak dari segala usia.

Kabar baiknya adalah, hernia sangat dapat diobati dengan operasi dan produk perbaikan hernia inovatif dari Gore. Produk Medis Gore dirancang untuk bekerja selaras dengan jaringan tubuh Anda sendiri, membantu mengurangi komplikasi setelah operasi. Selain itu, banyak produk Gore ideal untuk digunakan dalam prosedur laparoskopi, yang menawarkan manfaat lebih sedikit rasa sakit, berkurangnya kekambuhan hernia, dan waktu pemulihan yang lebih cepat. Yang terbaik dari semuanya, setelah perawatan berhasil, Anda bebas untuk kembali ke aktivitas dan gaya hidup biasa Anda.

Jenis-jenis hernia

Hernia terdiri atas beberapa jenis, yaitu:

  1. Hernia inguinalis, terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak di rongga perut mencuat ke selangkangan. Merupakan jenis hernia yang paling sering terjadi dan pria memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.
  2. Hernia femoralis, terjadi ketika jaringan lemak atau sebagian usus mencuat ke paha atas bagian dalam.
  3. Hernia umbilikus, terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak mendorong dan mencuat di dinding perut, tepatnya di pusar sering terjadi pada bayi.
  4. Hernia hiatus, terjadi ketika sebagian lambung mencuat ke dalam rongga dada melalui diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut). Jenis hernia ini umumnya terjadi pada lansia (>50 tahun).
  5. Hernia insisional, terjadi ketika usus atau jaringan mencuat melalui bekas luka operasi di bagian perut atau panggul.
  6. Hernia epigastrik, terjadi ketika jaringan lemak mencuat melalui dinding perut bagian atas, tepatnya dari uluhati hingga pusar.
  7. Hernia spigelian, terjadi ketika sebagian usus mendorong jaringan ikat (spigelian fascia) yang terletak di sisi luar otot rektus abdominus, yaitu otot yang membentang dari tulang rusuk hingga tulang panggul dengan karakteristik tonjolan yang dikenal dengan ‘six pack’.
  8. Hernia diafragma, terjadi ketika sebagian organ lambung mencuat masuk ke rongga dada melalui celah diafragma. Hernia jenis ini juga dapat dialami oleh bayi ketika pembentukan diafragma kurang sempurna.
  9. Hernia otot, terjadi ketika sebagian otot mencuat melalui dinding perut. Jenis hernia ini juga dapat terjadi pada otot kaki akibat cedera saat berolahraga.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---