Herpes Genital (Herpes Simplex)

herpes genital - Herpes Genital (Herpes Simplex)

Definisi Herpes Genital (Herpes Simplex)

Herpes genital adalah infeksi pada alat kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV) dan bisa terjadi pada pria dan wanita. Penyakit ini termasuk salah satu infeksi menular seksual (IMS) karena umumnya ditularkan melalui hubungan seksual (vagina, anal, dan oral). Penyakit ini biasanya ditandai dengan bentol-bentol berair pada alat kelamin, anus, atau mulut. Herpes genital dapat menyebar melalui sentuhan, meski lebih sering menyebar melalui hubungan seksual.

Virus ini seringkali menetap di tubuh manusia dan suatu saat bisa aktif lagi. Saat virus ini aktif, gejala-gejala herpes genital akan kembali muncul. Virus ini bisa kambuh antara empat sampai lima kali pada dua tahun pertama sejak terinfeksi. Pada faktanya, wanita lebih berisiko terkena virus ini dibandingkan laki-laki. Biasanya terjadi pada orang yang aktif berhubungan seksual. Seorang ibu yang memiliki herpes genital juga dapat menularkan herpes pada bayinya saat melahirkan lewat vagina.

Tanda-tanda atau gejala

Sebagian besar orang yang terinfeksi herpes genital tidak mengetahui bahwa mereka sedang terinfeksi karena tidak merasakan gejala dan tanda apa pun. Namun, beberapa gejala khas dari herpes genital adalah:

• Benjolan merah kecil atau lenting putih kecil
  • Nyeri atau gatal di area alat kelamin atau bokong
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Luka yang terbentuk setelah lenting pecah
  • Koreng yang terbentuk setelah luka sembuh
  • Gejala seperti flu seperti pembengkakan kelenjar getah bening di lipatan paha, sakit kepala, nyeri otot, dan demam.

Cara mengobati Herpes Genital

Tidak ada obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi HSV. Obat-obatan antivirus yang digunakan hanya dapat mengendalikan dan mencegah herpes gejala yang muncul kambuh lagi akibat infeksi virus ini. Obat-obatan antiherpes yang paling sering digunakan di antaranya adalah asiklovir, famsiklovir, dan valasiklovir.

Jika Anda hamil, Anda harus memberi tahu dokter Anda. Dokter Anda dapat memberikan obat antivirus mendekati akhir masa kehamilan Anda untuk mencegah penularan virus pada bayi. Pada beberapa kasus dokter menganjurkan operasi caesar untuk melahirkan bayi Anda.