Herpes

herpes - Herpes

Pengertian Herpes

Herpes adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya lepuhan atau gelembung-gelembung pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan dan berkelompok pada permukaan kulit. Penyakit yang disebabkan oleh virus HSV ini biasanya juga disebut sebagai penyakit cacar. Infeksi virus herpes yang menyebabkan adanya luka di leher, di bibir, atau di bagian tubuh yang lain pasti menyebabkan sensasi gatal terkadang disertai perih.

Pada dasarnya, ada dua macam penyakit herpes, yaitu Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus herpes, namun gejala herpes yang ditunjukkan oleh kedua jenis ini tidak sepenuhnya sama.

Herpes Simplex

Ruam dan luka melepuh pada bagian kulit masuk dalam kategori Herpes Simplex. Namun pada kategori Herpes Simplex juga dibedakan menjadi 2 bagian yakni HSV-1 (Herpes Simplex Virus-1) dan HSV 2 (Herpes Simplex Virus-2).

Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), virus herpes ini menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 pada kenyataannya adalah infeksi yang sangat umum. Infeksi virus herpes tipe HSV 1 seperti herpes di leher, herpes mirip sariawan di mulut, dan ruam lepuh lainnya. Bisa diobati tapi tidak bisa sembuh secara total karena sewaktu-waktu kalau tubuh lemah bisa muncul lagi.

Penyebab herpes adalah penyakit yang sangat berkaitan dengan masalah daya tahan tubuh, maka kamu harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima. Ketika daya tahan tubuhmu prima, virus herpes akan berdiam di tubuh dan tidak menyebabkan gejala gangguan kesehatan seperti gatal dan luka melepuh. Namun, ketika daya tahan tubuh kamu merosot, virus herpes ini kembali menyebabkan luka yang kemudian merah, gatal, dan berair.

Sementara itu, HSV-2 atau biasa juga dikenal dengan herpes genitalis menyerang bagian pinggang ke bawah, biasanya bagian kelamin sehingga biasa disebut dengan Herpes Genitalis. HSV-2 tidak bisa menular melalui udara, tetapi virus herpes ini bisa menular melalui hubungan seks. Penyebab herpes ini bisa muncul di vagina, dubur, dan selangkangan.

Penyakit ini juga tidak bisa disembuhkan. Pada laki-laki, herpes ini bisa terlihat tapi pada perempuan tidak terlihat. Meskipun demikian, bukan berarti herpes genital ini tidak dapat menyerang perempuan. Meskipun tidak terlihat secara langsung, perempuan harus tetap mewaspadai serangan infeksi virus HSV-2 ini.

Beberapa tanda yang dapat ditemukan ketika seorang perempuan terinfeksi virus HSV tipe kedua adalah rasa gatal yang tidak tertahankan pada miss V, keluarnya cairan dari alat genital yang tidak biasa, ada benjolan di sekitar alat genital, sakit saat buang air kecil, dan ada luka di sekitar alat kelamin atau anus.

Herpes zoster

Herpes jenis ini juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus penyebab herpes yang menyerang adalah sama. Bedanya, herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di bagian tubuh. Proses penularan virus herpes zoster ini bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung lepuh yang pecah.

Untuk mencegah tertular penyakit akibat virus herpes zoster ini adalah dengan menjaga kebersihan barang sehari-hari, menjaga daya tahan tubuh, dan meminimalkan kontak langsung dengan penderita yang sedang terkena penyakit cacar air.

Gejala

Bagi orang yang terserang herpes biasa nya menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut :

• Demam,
  • Menggigil,
  • Sesak napas,
  • Nyeri di persendian
  • Pegal di satu bagian rubuh
  • Muncul bintik kemerahan pada kulit
  • Sakit perut

Cara Mengobati

Herpes Simplex :
Sejatinya, tidak obat yang dapat menyingkirkan virus herpes. Namun, dokter biasanya akan meresepkan antivirus seperti acyclovir, valacyclovir, dan famciclovir untuk membantu mencegah virus berkembang biak. Selain itu, obat antivirus ini juga digunakan untuk membantu mengurangi keparahan gejala dan mengurangi risiko penularan virus ke orang lain. Biasanya, obat-obatan ini berbentuk pil dan juga krim. Namun, untuk kasus yang cukup parah dokter akan memberikannya melalui suntikan.

Herpes zoster :
Tidak berbeda dengan herpes simplex, herpes zoster juga tidak bisa disembuhkan atau tidak ada obat yang bisa menghilangkan virus ini. Namun beberapa jenis obat herpes kulit dapat diresepkan untuk membantu meringankan gejala dan memperpendek masa kekambuhan infeksi. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan

1. Obat antivirus seperti acyclovir, famiciclovir, dan valacyclovir membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Obat herpes kulit ini dikonsumsi 2 hingga 5 kali sehari sesuai resep dokter.
  2. Obat antiradang seperti ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Dikonsumsi setiap 6 hingga 8 jam sekali.
  3. Obat dari golongan narkotika dan analgesik untuk mengurangi rasa sakit, biasanya dikonsumsi dua kali sehari atau sesuai resep dokter.
  4. Antikonvulsan atau antidepresan trisiklik untuk mengobati rasa sakit yang berkepanjangan, biasanya dikonsumsi 1 atau 2 kali sehari.
  5. Antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) untuk mengatasi rasa gatal, biasanya dikonsumsi setiap delapan jam sekali.
  6. Krim, gel, atau patch mati rasa untuk seperti lidocaine untuk mengatasi rasa sakit, biasanya diaplikasikan saat diperlukan.
  7. Capsaicin (Zostrix), membantu mengurangi risiko nyeri saraf yang disebut neuralgia pasca-herpes yang terjadi setelah Anda pulih dari herpes zoster.

Hal yang paling penting adalah jika mencurigai seseorang terinfeksi herpes kulit, segeralah bawa ke dokter untuk melakukan identifikasi awal. Ini menjadi langkah yang penting karena berkaitan dengan kesehatan penderita dan orang-orang di sekitarnya.

Be Smart, Sharing!