fbpx

Human Papilloma Virus (HPV)

Human Papilloma Virus (HPV)

human papiloma virus hpv - Human Papilloma Virus (HPV)

 

Human papillomavirus (HPV) adalah suatu grup virus yang terdiri dari 130 tipe HPV. Infeksi HPV bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia, bahkan remaja atau anak-anak yang belum aktif secara seksual pun bisa terpapar virus ini. HPV 6 dan HPV 11 adalah virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin. HPV 16 dan HPV 18 adalah virus HPV yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kanker serviks.

Human papillomavirus atau HPV adalah penyakit menular seksual yang paling umum. Ini tidak mirip dengan HIV atau herpes, tetapi jauh lebih berbahaya daripada keduanya. Sangat tinggi  risiko baik pria dan wanita yang aktif secara seksual mengidap HPV.

Dalam banyak kasus, penyakit menular HPV hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan apa pun. Sejauh ini ditemukan ada 200 jenis virus HPV dan 20 di antaranya menjadi penyebab kanker. Makanya ketika HPV tidak hilang, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kutil kelamin dan kanker.

Beberapa jenis virus HPV tertentu juga dapat mengembangkan kanker tertentu, seperti : kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker anus/rektum, kanker leher rahim, kanker vagina, dan kanker vulva Berkembangnya kanker ini membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun. Virus HPV yang menyebabkan kanker tidak sama dengan jenis HPV yang menyebabkan kutil.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tertularnya virus HPV, yaitu:

  • Dapatkan vaksinasi HPV. Melakukan vaksinasi HPV terbukti aman dan efektif dalam melindungi diri Anda dari penyakit yang disebabkan oleh HPV (termasuk kanker).
  • Melakukan pemeriksaan kanker serviks (leher rahim). Pemeriksaan kanker serviks secara rutin pada wanita usia 21-65 tahun bisa mencegah berkembangnya kanker serviks.
  • Gunakan kondom saat berhubungan seks. Menggunakan kondom dengan benar saat melakukan hubungan seksual terbukti dapat menurunkan risiko tertular HPV. Namun, kondom hanya melindungi bagian tubuh Anda yang tertutupi dengan kondom. Penularan HPV di bagian tubuh yang tidak tertutupi kondom mungkin bisa terjadi.
  • Tidak berganti-ganti pasangan seks. Ini dapat menurunkan risiko Anda tertular HPV.
  • Menjaga kebersihan vaginaVagina yang tidak bersih lebih rentan untuk terkena infeksi virus. Untuk itu, Anda disarankan untuk selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Anda bisa menggunakan cairan antiseptik khusus area kewanitaan untuk membersihkan vagina, terutama saat menstruasi dan keputihan. Gunakan cairan antiseptik ini hanya untuk bagian luar vagina. Tak perlu membersihkan bagian dalam vagina Anda karena dapat membunuh kuman baik dan malah meningkatkan risiko infeksi.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami