Hymenoplasty

Hymenoplasty

Hymenoplasty 

Pengertian

Hymenoplasty adalah suatu prosedur operasi kecil dan minimal invasive dengan tujuan untuk mengembalikan selaput dara yang robek dan dianggap sebagai tanda keperawanan seorang wanita seperti semula. Pada umumnya pasien adalah seorang gadis yang belum menikah dan telah terlibat dalam seks pranikah atau yang akan melakukan pernikahan.

Selaput dara (hymen) adalah lapisan tipis yang mengelilingi atau menutupi liang vagina. Sifatnya elastis, lembut serta terdapat pembuluh darah yang berbeda tergantung jenisnya dan bisa robek dikarenakan oleh beberapa sebab.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi operasi hymenoplasty antara lain :

  1. Kesehatan dan kebersihan vagina tetap terjaga
  2. Kesehatan umum wanita dalam kondisi baik
  3. Tidak terkontaminasi kuman-kuman penyakit menular seksual
  4. Tidak ada penyakit berat seperti hemofilia atau alergi
  5. Kesiapan mental dan psikis
  6. Tidak boleh memakai celana ketat
  7. Tidak boleh olah raga berat seperti lari, berenang, dan lain-lain
  8. Tidak boleh masturbasi

Sebagian besar selaput dara (hymen) dapat rusak atau robek disebabkan oleh adanya hubungan seksual. Ada beberapa faktor penyebab dan faktor resiko kerusakan pada selaput dara (hymen) antar lain :

  1. Tidak memiliki selaput dara (hymen) dari lahir
  2. Infeksi di vagina
  3. Luka yang berat di vagina
  4. Trauma tumpul dan trauma tajam pada vagina
  5. Terjatuh naik sepeda, naik kuda, dan olah raga berat lainya
  6. Masturbasi yang berlebihan

Secara klinis, bagaimanapun selaput dara yang robek atau rusak bukanlah konfirmasi tak terbantahkan dari hilangnya keperawanan akibat seksual. Tergantung pada sesuatunya, perforasi selaput dara dapat disebabkan oleh aktivitas normal sehari-hari seperti atlet angkat berat, menunggang kuda atau bersepeda, pemeriksaan ginekologi sederhana dengan spekulum atau penyisipan jari bersarung atau masturbasi. Bahkan menempatkan sesuatu ke dalam vagina dapat memecahkannya.

Tujuan hymenoplasty

Hymenoplasty adalah perbaikan selaput dara wanita yang mungkin ingin memperbaiki atau merekonstruksi selaput dara mereka. Alasan mereka untuk mencari prosedur ini bervariasi, dan mungkin fisik atau psikologis.

  1. Merebut kembali kendali: Dalam kasus penyerangan seksual, wajar jika seorang wanita dibiarkan dengan masalah psikologis traumatis. Dia mungkin merasa bahwa dia dirampok bukan hanya karena kepolosannya, tetapi juga kesempatan untuk mempersembahkan hadiah perawan berupa selaput dara yang utuh kepada orang pilihannya. Hymenoplasty mungkin tidak hanya menawarkan pemulihan fisik yang dia cari, tetapi juga dapat memberikan kenyamanan dan penyembuhan psikologis.
  2. Mengubur masa lalu: Keingintahuan dan eksperimen seksual adalah bagian alami dari proses pertumbuhan, terutama selama masa remaja ketika perubahan dan lonjakan hormon terjadi. Tekanan teman sebaya mungkin sering memaksa seorang gadis muda untuk menyerah pada aktivitas seksual sebelum dia siap secara mental untuk dampak emosional yang terkait dengan keintiman fisik tersebut. Saat dia dewasa, dia mungkin merasa menyesal bahwa dia menuruti rasa ingin tahu itu terlalu dini atau terlalu sering, dan mungkin berusaha untuk mengubur bukti dari apa yang mungkin dia lihat, dalam retrospeksi, sebagai pergaulan bebas atau penilaian buruk. Revirginisasi mungkin secara psikologis memungkinkan dia untuk memutar kembali waktu dan memulai dari awal.
  3. Keyakinan budaya: Karena keberadaan selaput dara yang utuh masih penting di banyak budaya, seorang wanita mungkin ingin memberikan indikasi kemurnian ini kepada pasangannya untuk pernikahan mereka yang akan datang.
  4. Hadiah: Banyak wanita yang telah aktif secara seksual mungkin ingin memberikan pengalaman perawan kepada pasangannya, apakah itu sebagai kejutan, untuk acara khusus, atau pada malam pernikahan mereka.
  5. Pecah atau robekan yang tidak disengaja: Bagi beberapa wanita, penetrasi selaput dara melalui sepeda atau menunggang kuda, tergelincir di atas es, atau pemasangan sesuatu yang sama sekali tidak dapat diterima dan mereka memilih hymenoplasty untuk memulihkan apa yang rusak secara tidak sengaja.

     

  6. Peningkatan kenikmatan seksual: Setelah melahirkan, otot-otot vagina mungkin melemah. Flaccidity juga terjadi seiring waktu seiring bertambahnya usia. Hymenoplasty juga mengencangkan otot-otot ini, memberikan manfaat tambahan berupa pengalaman seksual yang lebih merangsang secara sensual.

     

  7. Selaput dara imperforata: Ini adalah kondisi di mana seluruh lubang vagina tertutup oleh selaput dara. Biasanya tidak ditemukan sampai seorang gadis muda memasuki masa pubertas dan aliran menstruasinya tersumbat. Prosedur hymenoplastic untuk memperbaiki ini disebut hymenotomy, dan lubang kecil dibuat di membran untuk memungkinkan aliran darah.

     

  8. Selaput dara bersepta: Jaringan selaput dara terbagi menjadi apa yang tampak seperti pita seperti tali. Mereka menyerupai amandel yang terhubung di kedua ujungnya, dan dapat menghambat penggunaan pembalut silinder (tampon) atau penetrasi penis. Ini juga dikoreksi dengan himenotomi.

     

  9. Selaput dara mikroperforasi: Ini mirip dengan selaput dara imperforata dan dikoreksi dengan cara yang sama. Selaput dara mikroperforasi memiliki lubang kecil yang cukup untuk memungkinkan aliran menstruasi. Biasanya tidak menimbulkan masalah atau memerlukan pembesaran kecuali jika wanita ingin menggunakan tampon.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---