Impetigo Bulosa

Pengertian

Impetigo bulosa merupakan penyakit kulit yang menyerang bayi dan anak-anak. Gejala penyakit ini ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung kecil berisi cairian di tubuh anak.

Impetogo bulosa ditandai sengan kulit yang melupuh dan bergelembung. Gelembung yang mudah pecah dan menyebar dengan cepat ini merupakan infeksi penyakit kulit.

Infeksi impetigo bulosa biasanya muncul di bagian tengah tubuh antara pinggang dan leher atau lengan dan tungkai.

Faktor penyebab

Proses penularan bakteri ini melalui kontak fisik langsung dengan penderita atau perantara. Si kecil bisa terinfeksi jika memakai pakaian seperti baju, handuk, atau sapu tangan yang sebelumnya digunakan oleh penderita penyakit kulit ini.

Penyakit impetigo bulosa juga bisa disebabkan oleh penyakit kulit lainnya. Seseorang yang terinfeksi kulit lainnya seperti eksim, kudis, atau infeksi kutu akan lebih mudah terinfeksi penyakit ini.

Gejala

Berikut ini adalah perkembangan gejala impetigo bulosa:

1. Kulit melepuh dan berisi cairan berukuran 1-2 sentimeter yang terasa sakit dan membuat kulit di sekitarnya gatal.
  2. Kulit yang melepuh, dalam waktu singkat dapat menyebar kemudian pecah dalam beberapa hari.
  3. Pecahan kulit yang melepuh kemudian meninggalkan kerak berwarna kuning.
  4. Setelah sembuh, kerak kuning tersebut hilang tanpa meninggalkan bekas sama sekali.

Pencegahan

Penyakit kulit impetigo bulosa memang terkesan menyeramkan bagi anak. Tetapi kita bisa mencegahnya dengan menerapkan hidup bersih dan sehat pada anak.

Selain itu, jika anak terkena penyakit ini bisa mengatasinya dengan mengkompres air hangat untuk meredamkan lukanya. Setelah itu bisa juga dengan mengoleskan salep dari resep dokter pada bagian kulit si kecil yang terkena infeksi.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022