Indikasi Kencing Berdarah dan Cara Tepat Untuk Mengobatinya

kencing darah

Indikasi Kencing Berdarah dan Langkah Tepat Untuk Mengobatinya

Munculnya kencing berdarah patut menjadi hal yang kita khawatirkan. Apalagi ternyata bisa menjadi cikal bakal dari suatu penyakit yang lebih berbahaya. Untuk mengetahui diagnosa dan pengobatan, perlu adanya jasa dokter.

Perlu diketahui sesuai namanya, akan ada kandungan darah pada urine penderitanya. Tentu tidak benar-benar berwarna merah melainkan mirip warna teh yang gelap. Patut diwaspadai karena bisa saja awalnya normal tanpa gejala.

Penyebab Muncul Gejala Kencing Berdarah

Untuk penyebab yang paling ringan sebenarnya hanya seperti olahraga terlalu berat, makan dan minum olahan berwarna merah saja. Sementara itu seringkali juga akan ditemukan jika sedang menstruasi pada wanita.

Tapi ternyata ada gejala paling buruk seperti munculnya infeksi. Hal ini paling banyak terjadi pada organ ginjal dan saluran kemih. Di mana tandanya, sang penderita akan merasa perih saat buang air kecil.

Ditambah lagi terlalu banyak buang air kecil meski sebelumnya sudah. Lalu ada juga tanda gejala lain seperti warnanya tidak normal. Bahkan tidak jarang juga penderita akan merasa gejala disertai dengan demam.

Penyebab selanjutnya yang mungkin saja muncul adalah adanya gangguan saluran kemih. Nantinya dalam kondisi semacam ini, pasti muncul radang. Tidak heran jika kemudian menyebar pada kelenjar prostat.

Patut untuk selalu waspada karena mungkin saja disertasi sama penyumbatan darah. Pastinya menyebabkan rasa sakit yang parah nantinya. Apalagi juga sudah ada tumor jinak bahkan sel kanker yang berkembang.

Gangguan ginjal nantinya juga bisa menjadi penyebab kenapa pipis mengeluarkan sel darah. Gangguan tersebut umumnya berupa batu ginjal atau kanker. Jumlah persentasenya dibanding urine memang jauh.

Jika pasien sebelumnya punya riwayat gagal ginjal, maka dianggap wajar punya kondisi semacam ini. Lalu jika sebelumnya juga mengalami kecelakaan pada bagian ginjal, pasti bisa buang air kecil disertai darah.

Sebab terakhir adalah Anda sekarang sedang minum obat-obatan tertentu. Misalnya yang bertujuan untuk mendukung kemoterapi atau antibiotik khusus. Bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi obat pengencer darah.

Cara Mengobati Paling Efektif Cepat Sembuh

Untuk mengobati jika belum terlalu buruk, tentunya bakal diberi obat. Tapi selanjutnya perlu dicari tahu dulu gejalanya. Melihat kondisinya separah apa, jika disebabkan oleh infeksi, harus diberi antibiotik.

Lalu jika penyebab kondisi ini berupa pembesaran prostat, maka harus dilemaskan terlebih dahulu. Tidak terlalu sulit karena bisa memakai obat alfa. Dalam beberapa kali minum, pasti akan mengecil kembali.

Perlu diketahui nantinya kencang darah ini memang bisa disebabkan karena batu ginjal. Makanya perlu melakukan pengobatan ESWL. Prosedur ini merupakan singkatan dari Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy.

Nantinya batu ginjal penyebab keluarnya darah akan dihilangkan. Pasti bakal dihancurkan semaksimal mungkin sampai menjadi partikel yang sangat kecil. Nantinya bakal dikeluarkan sendiri dalam urine.

Selain itu kita juga bisa menemukan adanya prosedur kemoterapi. Tapi hanya akan dilakukan kalau pipis darah disebabkan karena kanker. Tentu bakal menghambat pertumbuhan kanker sehingga tidak terjadi komplikasi.

Nantinya petugas kesehatan yang ada harus menyesuaikan tingkatan stadium pasien. Terutama sebelumnya melihat sang pasien punya penyakit lain atau tidak. Untuk pasiennya, tentu wajib memiliki kesiapan mental.

Prosedur terakhir yang bisa saja dilakukan adalah operasi. Tentunya jika keadaan ini disebabkan oleh cedera dan kecelakaan. Akan ada pemeriksaan secara menyeluruh dan mengambil prosedur yang diperlukan.

Supaya Anda tidak terkena kondisi semacam ini, maka sangat disarankan supaya melakukan pencegahan seperti minum air putih. Hindari juga aktivitas seks tidak normal, menahan pipis dan sebagainya. Pasti kencing berdarah tidak akan terjadi.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan dokter lebih lanjut.

Telepon : 0811-6131-718

WhatsApp : 0811-613-1718