Jamur Kelamin

Pengertian

Penyebab utama jamur pada kelamin pria adalah spesies jamur Candida albicans, dan infeksi jamur tersebut dikenal dengan sebutan Candidiasis. Jamur ini dapat menginfeksi kulit yang justru cenderung sehat, hangat, ataupun lembap. Infeksi jamur ini bisa terjadi pada kaum pria yang cenderung melakukan hubungan seks dengan tidak aman serta tidak menjaga kebersihan penisnya dengan tidak baik.

Meski frekuensi kasus ini cukup jarang, adanya risiko bagi kaum pria membuatnya tidak bisa lagi menyepelekan penyakit ini. Oleh karena itu, kaum pria harus mulai mempelajari gejala, penyebab, hingga risiko dari adanya penyakit jamur di penis ini.

Faktor penyebab

Resiko bisa meningkat jika Anda memiliki diabetes, tidak disirkumsisi, kurang menjaga kebersihan, penggunaan antibiotik jangka waktu yang lama, obesitas, kekebalan tubuh yang rendah seperti pada pasien HIV/AIDS.

Selain karena lemahnya sistem kekebalan tubuh, kemungkinan lain yang membuat risiko terkena infeksi jamur meningkat adalah faktor lingkungan hidup seseorang. Jamur dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang hangat dan lembab. Contoh yang paling baik adalah pusat kebugaran, tempat bilas (shower) dan ruang ganti.

Alasan lain kenapa beberapa orang tertentu lebih mudah terkena infeksi jamur adalah karena buruknya sirkulasi darah. Jika darah tidak mengalir dengan baik dalam tubuh, maka beberapa organ tubuh akan kesulitan dalam melawan infeksi jamur. Salah satunya adalah kulit. Sirkulasi darah yang buruk membuat jamur dapat menembus pertahanan kulit dan menyerang lapisan jaringan kulit yang lebih dalam.

Perawatan

Sebagian jenis infeksi jamur biasanya dapat dilihat, tetapi ada beberapa jenis infeksi yang tidak bisa dilihat, terutama yang mempengaruhi organ dalam atau aliran darah. Namun, meskipun Anda dapat meilhat infeksi jamur di suatu daerah pada tubuh, itu tidak berarti bagian tubuh lainnya belum atau tidak terinfeksi juga.

Infeksi jamur dapat diobati, namun tingkat kerusakan yang disebabkan oleh infeksi jamur hanya dapat didiagnosa oleh dokter. Jika Anda menyadari adanya infeksi jamur atau gejalanya, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter yang memeriksa Anda akan menanyakan kapan pertama kali Anda menyadari adanya infeksi jamur tersebut, di mana kemungkinan infeksi tersebut terjadi, dan gejala lainnya.

Pencegahan

Meskipun infeksi jamur dapat diobati dan biasanya tidak dapat menyebabkan penyakit yang parah, Anda sebaiknya perlu menghindarinya.

Pencegahan dengan cara:

1. Menggunakan alas kaki di tempat pemandian umum, ruang ganti, dan kolam renang
  2. Menjaga kaki agar selalu kering
  3. Mengelap perlengkapan di pusat kebugaran atau gunakan sarung tangan agar tidak menyentuhnya secara langsung
  4. Tidak menggunakan peralatan pribadi orang lain, seperti handuk, sisir, dan sikat rambut
  5. Selalu ingat untuk cuci tangan secara teratur

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718