Jengger Ayam Di Kelamin

jengger ayam dikelamin 600x600 - Jengger Ayam Di Kelamin

Penyakit Jengger Ayam / Kutil Kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh “Human Papilloma Virus (HPV)”. Kutil kelamin berbentuk datar atau menonjol dengan tangkai seperti kembang kol, biasanya tumbuh pada alat kelamin dan daerah sekitar dubur. Virus HPV penyebab kutil terdiri dari beberapa subtipe. Beberapa subtipe lebih sulit diberantas daripada yang lain dan ada pula yang berhubungan dengan perkembangan lesi serviks dan kanker alat kelamin. Penyakit ini terutama mempengaruhi anak muda berusia 20-an.

Penyakit jengger ayam ini bisa sembuh dengan sendirinya sebenarnya asal Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dengan makanan yang sehat, olahraga dan pastinya menjaga kebersihan daerah vital serta tetap kering. Untuk pengobatan bisa dengan pemberian obat anti-kutil dan pemberian vaksin kepada wanita dan pria. Dengan melakukan tindakan pencegahan penyakit jengger ayam pun akan lebih baik lagi. Terlebih kalau virus HPV ini sudah menginfeksi maka akan sangat sulit memberantasnya. Pada saat pengobatan belum tentu sepenuhnya virus ini hilang sehingga kemungkinan timbul lagi bisa terjadi.

Gejala Penyakit Jengger Ayam

Jengger ayam genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembap. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis dan dibawah kulit depannya ( jika tidak disunat ). Pada wanita, jengger ayam timbul di vulva, dinding vagina, leher rahim ( serviks ) dan kulit di sekeliling vagina. Jengger ayam genitalis juga bisa terjadi di daerah sekeliling anus dan rektum, terutama pada pria homoseksual dan wanita yang melakukan hubungan seksual melalui dubur.

Jengger Ayam Pada Kelamin Pria dan Wanita

Jengger ayam biasanya muncul dalam waktu 1-6 bulan setelah terinfeksi, dimulai sebagai pembengkakan kecil yang lembut, lembap, berwarna merah atau pink. Mereka tumbuh dengan cepat dan bisa memiliki tangkai. Pada suatu daerah seringkali tumbuh beberapa jengger ayam dan permukaannya yang kasar memberikan gambaran seperti bunga kol ( blumkol ).

Pada wanita hamil, pada gangguan sistem kekebalan ( penderita AIDS atau pengobatan dengan obat yang menekan sistem kekebalan ) dan pada orang yang kulitnya meradang, pertumbuhan jengger ayam ini sangat cepat.

Jengger Ayam sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena:
1. Tidak enak dilihat,
2. Bisa terinfeksi bakteri
3. Bisa merupakan petunjuk adanya gangguan sistem kekebalan.

Ciri-ciri Penyakit Jengger Ayam :
1. Gatal dibagian kelamin dan sering mengalami pendarahan saat berhubungan sexsual
2. Adanya bintik-bintik kutil di bagian kelamin
3. Genital yang membengkak dan berwarna keabu-abuan

Tips Menjaga tubuh Agar Terhindar dari Penyakit Jengger Ayam :
1. Kita Harus Menyayangi tubuh kita artinya tidur istirahat dengan cukup, hindari narkoba, jangan suka bergonta-ganti pasangan dll
2. Olahraga dengan teratur agar tubuh tetap bugar
3. Makan-makanan yang bergizi dan perbanyak buah serta sayuran
4. Perbanyak pengetahuan sobat mengenai penyakit ini dan sebar luaskan supaya kita semua dapat mengurangi penyebaran penyakit ini.
5. Jaga kebersihan di area seperti Selangkangan, Celana dalam dll

Pengobatan Jengger Ayam Secara Kedokteran

Jengger ayam pada alat kelamin luar bisa diangkat melalui laser, krioterapi ( pembekuan ) atau pembedahan dengan bius lokal. Pengobatan kimiawi, seperti podofilum resin atau racun yang dimurnikan atau asam trikloroasetat, bisa dioleskan langsung pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, bisa melukai kulit di sekelilingnya dan sering gatal.

Jengger ayam di uretra bisa diobati dengan obat anti kanker seperti tiotepa atau florourasil. Pilihan lainnya adalah pengangkatan kutil dari uretra melalui pembedahan endoskopik. Jengger ayam genitalis sering kambuh dan memerlukan pengobatan ulang. Pada pria yang belum disunat, kekambuhan bisa dicegah dengan menjalani penyunatan

Berikut ini rincian prosedur pengobatan kutil kelamin secara medis :

1. Cryotherapy
Jenis pembedahan ini dilakukan untuk membekukan kutil/jengger ayam dengan menggunakan nitrogen cair. Namun, hal ini dapat menyebabkan area di sekitar kulit Anda melepuh.

2. Elektrokauter
Prosedur ini menggunakan arus listrik untuk membakar jengger ayam

3. Eksisi Bedah
Jenis pembedahan ini dilakukan untuk memotong kutil/jengger ayam yang ada pada organ intim Anda. Ketika Anda melakukan pembedahan ini, Anda memerlukan anestasi lokal.

4. Terapi Laser
Dokter menggunakan balok intens cahaya dan biasanya jenis pengobatan ini dilakukan ketika ukuran kutil atau jengger ayam Anda sudah sangat besar dan sulit untuk diobati.

Cara Mengobati Kutil Kelamin
Penyakit kutil kelamin mudah dihilangkan jika masih kecil dan belum menyebar luas Namun akan lebih sulit jika di biarkan dan sudah banyak, Penyakit kutil kelamin Sebaiknya Di hilangkan dengan pengobatan kutil kelamin atau obat virus HPV

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718