fbpx

Jerawat

Jerawat

Jerawat 640x480 - Jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah dan dapat meradang jika cara penanganan jerawat yang dilakukan tidak benar misalnya memencet jerawat dengan cara yang salah serta memakai alat yang tidak bersih.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan selama mengobati jerawat jenis apa pun:

• Cuci muka dengan air hangat suam kuku dan sabun pembersih yang ringan, dua kali sehari
• Kurangi stres dan beban pikiran
• Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang
• Lebih banyak minum air putih

Jika Anda tidak melihat perkembangan setelah 8 minggu mencoba perawatan, Anda bisa kembali mengunjungi dan berkonsultasi pada dokter.

Beberapa jenis jerawat membutuhkan perawatan dan pengobatan yang serius. Anda tidak bisa mengobati jerawat ini di rumah dengan obat rumahan. Anda juga harus mengunjungi dokter kulit agar dapat diresepkan obat antibiotik oral. Pengobatan dari dermatologi lainnya adalah suntik jerawat agar benjolannya mengempis lebih kecil.

Dokter mungkin juga akan meresepkan obat jerawat dengan dosis lebih kuat, apabila jerawat meradang parah. Obat ini digunakan saat obat-obatan dan metode lain sudah tidak lagi mempan mengobati jerawat parah. Namun, obat ini hanya bisa didapat dengan resep dokter spesialis kulit.

Apapun metode pengobatan jerawat yang sedang Anda jalani, jangan sekali-kali iseng mencuil, menggaruk, memecahkan, atau memencet jerawat. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini yang akan membuat jerawat Anda menjadi lebih buruk yang berlanjut menjadi infeksi dan meninggalkan bekas luka atau bopeng di wajah.

Bekas luka jerawat juga mempunyai cara penanganan khusus yaitu dengan cara Dermaroller, Subsisi, serta PRP ( Platelet Rich Plasma ).

Dermaroller adalah alat perawatan kulit yang menggunakan roller atau roda, yang permukaannya ditutup dengan ratusan jarum yang sangat kecil (micro needle). Jarum-jarum yang terdapat pada permukaannya akan menembus dan ‘melukai’ kulit Anda sehingga tubuh Anda secara alami akan terstimulasi untuk memperbaiki area luka tersebut. Pada proses perbaikan inilah regenerasi kulit dan produksi kolagen akan terjadi. Sehingga, area kulit yang tadinya rusak karena bekas jerawat pun akan ikut ‘diperbaiki’.

Teknik subsisi adalah dengan memasukkan jarum yang agak besar ukuran 18 atau 23G. Kemudian kulit seperti dicacah, fungsinya untuk melepaskan jaringan parut yang menarik kulit. Lubang luka yang dikarenakan jaringan kulit yang menarik ke bawah dan ketika dimasukkan jarum, maka lapisan jaringan kulit dapat lepaskan dan merangsang sel baru.

Metode PRP (Platelet Rich Plasma) adalah menggunakan sebagian darah klien untuk dijadikan plasma yang kaya akan faktor pertumbuhan dan mampu membantu regenerasi kulit serta memberikan efek peremajaan. Plasma darah ini akan diaplikasikan kembali ke permukaan kulit untuk tujuan terapi medis dan estetika yang mempunyai banyak manfaat salah satunya menghilangkan bekas jerawat.

Jerawat juga di sebabkan oleh beberapa hal misalnya bakteri, stres, pola makan, obat-obatan serta kosmetik. Maka oleh itu, ketika jerawat sedang meradang alangkah baiknya di hindari menggunakan kosmetik yang tebal karena itu dapat memperparah infeksi dijerawat.

Pola makan juga sangat berpengaruh dalam proses mengurangi jerawat. Ada beberapa jenis makanan yang harus kita hindari misalnya makanan yang mengandung olahan susu non-organik seperti keju dan mentega, makanan manis yang mengandung gula, fastfood, roti dan nasi, cokelat, makanan olahan dalam kemasan atau kalengan serta minuman kopi.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami