Kanker Kulit Melanoma : Jarang Terjadi Namun Sangat Berbahaya!

Kanker Kulit Melanoma : Jarang Terjadi Namun Sangat Berbahaya!

kanker kulit melanoma - Kanker Kulit Melanoma : Jarang Terjadi Namun Sangat Berbahaya!

Definisi Kanker Kulit Melanoma

Sebagai lapisan terluar pada tubuh manusia, kulit sudah seharusnya mendapatkan perawatan dan perlindungan agar tidak terpapar penyakit atau kerusakan yang membahayakan seperti terserang kanker kulit atau biasa disebut melanoma. Melanoma merupakan kanker kulit yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Nah, melanin tersebut adalah pigmen yang memberi warna pada kulit yang juga berfungsi menyerap sinar ultraviolet serta melindungi kulit dari kerusakan.

Meski jarang terjadi, namun melanoma merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya. Melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan lebih dari satu warna. Biasanya melanoma dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma. Hal ini bisa terjadi di seluruh tubuh, tapi beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kemunculannya adalah wajah, tangan, punggung dan kaki.

Penyebab

Sejauh ini, belum diketahui pasti apa penyebab pasti terjadinya melanoma. Namun berdasarkan pemaparan ilmu kesehatan, melanoma terjadi ketika sel-sel pigmen kulit berkembang secara tidak normal. Sebagian orang yang beranggapan penyebab munculnya melanoma dikarenakan kulit yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet (UV) alami atau buatan. Tapi ternyata tidak semua orang yang sering terpapar UV menjadi penderita melanoma. Beberapa faktor yang diketahui bisa meningkatkan kemungkinan terjangkit melanoma adalah memiliki banyak tahi lalat atau bintik di kulit, berkulit pucat dan mudah terbakar, memiliki anggota keluarga yang menderita melanoma, serta yang berambut merah atau pirang.

Gejala dan Ciri-Ciri Melanoma

Ada beberapa hal umum yang terjadi pada kulit jika seseorang terserang melanoma, berikut beberapa di antaranya :

  • Adanya perubahan pada kulit,
  • Sakit kulit yang sulit sembuh,
  • Benjolan yang pucat atau merah dan berdarah,
  • Kulit merah, kasar, dan bersisik,
  • Ada noda di kulit yang menyebabkan sakit atau gatal.

Bila mengalami gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik sesuai kondisi.

Pengobatan dan Pencegahan

Pada dasarnya perawatan kanker kulit mirip dengan kanker lain. Pembedahan adalah perawatan yang paling umum untuk melanoma. Ini melibatkan pengangkatan lesi dan beberapa jaringan normal di sekitarnya. Jika melanoma menutupi area kulit yang luas, cangkok kulit mungkin diperlukan. Kemudian, bila kanker mungkin telah menembus ke kelenjar getah bening, biopsi kelenjar getah bening juga dapat dilakukan.

Adapun perawatan lain yang bisa dilakukan meski kurang umum, yaitu kemoterapi, radiasi, terapi biologis menggunakan obat yang bekerja dengan sistem kekebalan tubuh, serta terapi photodynamic, yaitu kombinasi cahaya dan obat-obatan. Sebagai bentuk pencegahan untuk mengurangi risiko melanoma dan jenis kanker kulit lainnya, Anda bisa menghindari paparan sinar matahari terutama saat sedang terik antara pukul 10 hingga 4 sore, menggunakan tabir surya minimal SPF 15 dan aplikasikan ulang tiap 2 jam, gunakan pakaian yang tertutup, serta menggunakan kacamata hitam.

Related Posts---

Leave A Reply---

× WhatsApp
Lewat ke baris perkakas