Kanker Payudara : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

kanker payudara - Kanker Payudara : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Definisi Kanker Payudara

Dari banyaknya jenis kanker, salah satu kanker yang paling di takuti kaum Hawa adalah kanker payudara. Meski juga dapat menyerang pria, namun kanker payudara lebih intens menyerang wanita. Kanker payudara sendiri adalah adalah kanker atau tumor ganas pada jaringan payudara. Tumor ganas merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan di sekitarnya atau menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh. Pada prosesnya, sel kanker dapat terbentuk di jaringan lemak di dalam payudara, kelenjar susu (lobulus), ataupun di saluran susu (duktus).

Penyebab

Sejauh ini, apa penyebab pasti kanker payudara belum diketahui secara pasti. Namun para ahli mengklaim jika penyebab kanker payudara karena sel‐sel payudara berkembang secara abnormal dan membentuk sebuah benjolan di payudara. Selain itu, penyebab kanker payudara berhubungan dengan mutasi gen 1 (BRCA1) dan gen 2 (BRCA2) yang diturunkan di keluarga serta riwayat medis dan gaya hidup.

Tanda dan Gejala

Tanda dan ciri-ciri kanker payudara yang dapat Anda kenali lainnya adalah:

• Muncul benjolan keras atau tebal di dalam daerah payudara atau ketiak.
  • Pembengkakan, kemerahan, atau warna kulit pada payudara yang semakin gelap.
  • Perubahan bentuk atau ukuran salah satu payudara.
  • Tekstur kulit payudara berubah (muncul kerutan atau menjadi kasar seperti kulit jeruk).
  • Puting payudara menjadi bersisik dan gatal atau muncul ruam.
  • Puting payudara tertarik masuk.
  • Puting payudara mengeluarkan cairan bening atau darah.
  • Pembuluh vena terlihat pada payudara, akibatnya urat-urat di bagian payudara terlihat dengan jelas.

Pengobatan dan Pencegahan

Untuk melakukan pengobatan pada kanker payudara biasanya dokter akan menyarankan 5 tipe terapi standar yakni :

1. Pembedahan
  2. Terapi radiasi
  3. Kemoterapi
  4. Terapi hormon
  5. Terapi target

Jika Anda memiliki gejala kanker payudara di stadium awal, ada beberapa jenis obat kemoterapi yang dapat Anda konsumsi. Obat kanker payudara stadium awal yang umum digunakan dalam kemoterapi meliputi antrasiklin (seperti doxorubicin/Adriamycin® dan epirubicin/Ellence®) dan taxanes (seperti paclitaxel/Taxol® dan docetaxel/Taxotere®). Selain itu, beberapa waktu terakhir, teknologi baru di bidang kedokteran dapat mendeteksi risiko terkena kanker payudara pada seseorang melalui pemeriksaan Breast Cancer Susceptibility Gene (BRCA) atau tes genetika untuk kanker payudara.

Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika mencurigai memiliki salah satu tanda atau ciri-ciri kanker payudara seperti yang sudah disebutkan di atas. Pemeriksaan payudara secara mandiri dan teratur penting untuk dilakukan. Umumnya, gejala kanker payudara stadium awal tidak menyebabkan rasa sakit. Jika Anda merasakan gejala kanker payudara lain, segera pergi ke dokter tanpa menunggu rasa sakit muncul. Deteksi dini meningkatkan peluang hidup pasien kanker payudara.