Kelamin Pilek Akibat Gonorea

Kelamin Pilek Akibat Gonorea  #

Gonorea

Gonore adalah infeksi bakteri yang dapat ditularkan selama hubungan seks vaginal, anal, dan oral. Biasanya dapat didiagnosis melalui tes urin. Orang muda pada usia 15-24 menyumbang sekitar 70% dari semua kasus baru gonore setiap tahun.

Jika Anda mungkin tertular gonore saat berhubungan seks oral atau anal, dokter Anda kemungkinan akan menyeka area yang terkena. Dalam beberapa kasus, dokter Anda perlu menyeka uretra atau leher rahim Anda.

Gejala Umum

Banyak kaum pria yang terinfeksi gonore akan memiliki gejala, tetapi perempuan tidak. Presentasi gejala bervariasi karena perbedaan anatomi.

Infeksi gonore penis sering – meskipun tidak selalu – menyebabkan gejala, yang mungkin termasuk:

1. Terbakar atau sakit saat buang air kecil
  2. Keputihan berwarna putih kekuningan
  3. Kadang-kadang, pembengkakan testis

Infeksi gonore vagina sangat sering tidak menimbulkan gejala, meskipun infeksi yang berkepanjangan dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius yang mempengaruhi organ reproduksi utama. Ketika gejala muncul, mereka mungkin termasuk:

1. Terbakar atau sakit saat buang air kecil
  2. Keputihan kuning yang tidak biasa
  3. Pendarahan vagina di luar periode yang diharapkan

Beberapa gejala ini mungkin disalahartikan sebagai infeksi saluran kemih.

Infeksi gonore rektal tidak selalu menimbulkan gejala. Ketika gejala muncul, mereka mungkin termasuk:

1. Sakit atau gatal
  2. Pendarahan atau keputihan
  3. Nyeri saat buang air besar

Penyebab

Gonore hampir selalu ditularkan secara seksual dan paling mudah ditularkan selama hubungan seks tanpa kondom. Seks genital dengan orang yang terinfeksi akan menyebabkan gonore pada alat kelamin. Demikian juga, seks anal dengan orang yang terinfeksi dapat menularkan gonore ke rektum dan seks oral dapat menyebabkan gonore tenggorokan. Infeksi mata gonore biasanya ditemukan pada bayi yang terkena di jalan lahir, tetapi orang dewasa dapat terkena infeksi mata jika mereka menyentuh area yang terinfeksi dan kemudian menggosok mata mereka.

Pencegahan dan Pengobatan

Jika Anda aktif secara seksual, kemungkinan tertular herpes genital dapat dikurangi secara signifikan dengan menggunakan kondom dan bendungan gigi secara benar dan konsisten.

Seperti infeksi saluran kemih, gonore dapat disembuhkan sepenuhnya dengan pemberian antibiotik. Jika Anda diberi resep antibiotik, penting bagi Anda untuk meminum obat sepenuhnya. Jika tidak, infeksi Anda bisa kembali.

Jika Anda aktif secara seksual, penting bagi Anda untuk dites secara teratur untuk IMS termasuk gonore, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala apa pun.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan dokter lebih lanjut.

Dokter Siska Anggreni Lubis, Sp.KK, M.Pd. Ked, FINSDV

Telepon : 0811-6131-718