Kondiloma Akuminata

Kondiloma Akuminata

Kondiloma Akuminata  #

Pengertian

Kondiloma akuminata atau kutil kelamin ini banyak diderita di Indonesia. Gejala Awal Penyakit Kondiloma ini kadang tidak menimbulkan gejala setelah terinfeksi. Tetapi yang perlu di ketahui penyakit kondiloma ini mempunyai gejala munculnya kutil atau daging tumbuh di alat kelamin dan kemudian akan menyebar jika tidak ada pengobatan atau perawatan.

Pada wanita, kondiloma akuminata bisa tumbuh di vulva, dinding vagina, area antara genital eksterna dan anus, lubang anus, dan juga serviks (leher rahim). Sedangkan pada laki – laki, bisa terjadi pada ujung penis, skrotum (kantung buah zakar), atau anus.

Kondiloma akuminata

Kondiloma akuminata juga bisa tumbuh di mulut atau tenggorokan orang yang ‘melakukan’ secara oral dengan orang yang terinfeksi virus penyebab.

Penularan penyakit menular seksual umumnya adalah melalui hubungan seksual, sedangkan penularan lainnya yaitu melalui transfusi darah, jarum suntik, ibu hamil kepada bayi yang dikandungnya, dan lain-lain.

Gejala

Ciri-ciri dan gejala kondiloma akuminata antara lain:

  1. Benjolan warna keabuan atau sewarna dengan kulit, kecil di area genital.
  2. Beberapa kutil tumbuh berdekatan sehingga berbentuk menyerupai kembang kol.
  3. Gatal atau rasa tak nyaman di area genital.
  4. Perdarahan saat berhubungan seksual.

Faktor penyebab

Penyebab penyakit ini adalah virus papilloma.Pada wanita, virus papiloma tipe 16 dan 18, yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim (ditunjukkan dengan hasil Pap-smear yang abnormal) atau kanker pada vagina, vulva, dubur, penis,mulut, tenggorokan atau kerongkongan.

Kutil genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembap. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis dan dibawah kulit depannya (jika tidak disunat). Pada wanita, kutil timbul di vulva, dinding vagina, leher rahim (serviks) dan kulit di sekeliling vagina. Kutil genitalis juga bisa terjadi di daerah sekeliling anus dan rektum, terutama pada pria homoseksual dan wanita yang melakukan hubungan seksual melalui dubur.

Inti dari penyebab kondiloma akuminata ini adalah Human Papilloma Virus (HPV). Ada lebih dari 40 strain HPV yang berbeda yang secara spesifik mempengaruhi area genital.

HPV genital ini ditularkan melalui hubungan seksual. Namun tidak setiap orang yang terpapar virus ini akan terkena. Pada banyak kasus, sistem imun tubuh berhasil membunuh virus ini sehingga tanda serta gejala infeksi menjadi tidak berkembang.

Diperkirakan hampir semua orang yang aktif secara seksual bisa terinfeksi sedikitnya satu tipe HPV sepanjang hidupnya.

Faktor resiko

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko terinfeksi HPV meliputi:

  • Seks tak aman (melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan banyak partner)
  • Memiliki penyakit infeksi menular seksual lainnya
  • Berhubungan seks dengan partner yang tidak diketahui riwayat seksualnya
  • Telah aktif seks pada usia muda.

Tanda-tanda kondiloma akuminata

  1. Tumbuhnya Daging Kecil-kecil di Daerah Genital
  2. Pembengkakan Berwarna Abu-abu di Daerah Genital
  3. Kelompok Kutil Kelamin Tumbuh Seperti Kembang Kol
  4. Rasa Tidak Nyaman atau Gatal Di Area Genital
  5. Pendarahan Selama atau Setelah Berhubungan Badan

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Leave A Reply---