Kromomikosis

Kromomikosis

kromomikosis - Kromomikosis

Definisi

Apa itu Kromomikosis?

Kromomikosis merupakan salah satu infeksi kronik pada kulit dan jaringan subkutan yang disebabkan jamur berpigmen dari golongan Dermatiaceae yang menginvasi ke dalam dermis dan berbentuk tonjolan-tonjolan padat dipermukaan kulit. Penyakit yang juga disebut Kromoblastomikosis ini umumnya menyerang orang dewasa antara 30-50 tahun khususnya pria. Sebagian besar kasus biasanya berhubungan dengan pekerjaan bertani dan pencari kayu di hutan.

Penyebab

Kromomiksis disebabkan oleh jamur golongan Dermatiaceae, yaitu Cladosporium carionii, Phialophora verrucosa, Fonsecae perdrosoi, dan H.compactum. Penyakit ini ditandai dengan pembentukan nodus verukosa kutan yang perlahan-lahan, sehingga akhirnya membentuk vegetasi papilomatosa yang besar. Pertumbuhan ini dapat menjadi ulkus atau tidak. Biasanya terdapat di kaki atau tungkai, namun pernah juga ditemukan pada tangan, muka, telinga, leher, dada dan bokong.

Gejala dan Tanda

Gejala klinis yang ditemukan bervariasi, akan tetapi yang paling sering berupa bintil-bintil yang kemudian meluas perlahan-lahan menjadi bercak, dan timbul benjolan dan warna kulit kemerahan di area yang terinfeksi dan semakin lama akan bertambah besar dengan permukaan yang kasar.

Pengobatan dan Pencegahan

Sama hal nya dengan penyakit jamur kulit lain, kromomikosis dapat di obati dengan menggunakan obat anti jamur. Selain itu, bisa juga diatasi beberapa jenis obat berikut :

  1. Larutan kalium yodida 30-50 tetes sehari selama 1-2 bulan.
  2. Suntikan amfoterisin B intralesi.
  3. Preparat-preparat azol seperti ketokonazol 100-200 mg/hari selama 1-2 bulan.
  4. 5 fluorositosin dengan dosis 100-150 mg/hari dibagi dalam 4 dosis selama 1-2 bulan.

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh, terutama kulit. Hindari kontak langsung dengan tanah yang kotor. Bersihkan tubuh secara teratur dengan sabun antiseptik terutama setelah kontak langsung dengan tanah.

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami