Kulup Panjang : Definisi, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

kulup panjang - Kulup Panjang : Definisi, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Apa itu Kulup Panjang?

Kulup panjang merupakan salah satu masalah serius bagi sebagian besar pria. Lalu apakah kulup panjang itu? Kulup panjang adalah suatu kondisi dimana ujung penis tertutup sepenuhnya oleh kulup saat tidak ereksi. Kulup atau yang biasa disebut kulit khatan sendiri adalah lipatan berlapis ganda yang pada umumnya terdiri dari jaringan otot polos, pembuluh darah, neuron, kulit, dan selaput lendir yang menutupi kepala penis.

Tanda dan Gejala

Kulup panjang dapat mengganggu pertumbuhan penis dan juga menyebabkan masalah serius pada penis. Biasanya orang yang mengidap kulup panjang ini akan mendapati tanda dan gejala sebagai berikut :

• Kulit penis kemerahan, bengkak, terbakar, dan gatal-gatal.
  • Saat buka permukaan kulup, bagian dalam kulup dan glans penis terlihat erosi, eksudat bahkan, perdarahan
  • Setelah terinfeksi sekunder akan terlihat adanya ulkus, sekretpurulen susu yang berbau busuk.

Penyebab Kulup Panjang

Dari sebagian besar kasus kulup panjang biasanya karena penderita tersebut tidak disunat. Hal ini kemudian membuat kulit kulup penis tidak dapat ditarik ke belakang atau mengerut mundur melewati kepala penis saat ereksi dan kondisi ini disebut fimosis. Fimosis muncul dalam bentuk cincin ketat atau “karet gelang” yang melingkari kulup di sekitar ujung penis, sehingga mencegah kulit kulup tertarik penuh hingga ke belakang. Fimosis juga dapat menyebabkan peradangan pada penis, yang disebut balanitis, atau peradangan pada kedua kelenjar dan kulup, yang disebut balanoposthitis. Kondisi ini keduanya cenderung disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Fimosis biasanya hanya menyerang pria yang tidak disunat karena kulit khatan masih melekat pada kelenjar. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan seorang pria mengalami phimosis, diantaranya.

• Mengalami infeksi saluran kemih berulang
  • Mengalami infeksi kulup
  • Trauma kulup
  • Kebersihan Mr P yang Buruk
  • Infeksi jamur
  • Pada orang dewasa, faktor risiko phimosis termasuk infeksi menular seksual.
  • Phimosis dapat disebabkan oleh kondisi kulit, seperti: Eksim, Psoriasis, Lichen planus dan Lichen sclerosus.

Mengatasi Kulup Panjang

Hal yang paling disarankan oleh dokter untuk menyelesaikan masalah kulup panjang adalah dengan melakukan khitan atau sunat terlebih karena si penderita telah mengalami Fimosis. Selain itu sunat ataupun tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan pada Mr P dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari mempengaruhi gairah seksual, mencegah penyakit kelamin sampai mencegah dari kondisi phimosis.

Kemudian dimanakah dapat melakukan sunat untuk pria dewasa? Jika anda berdomisili di kota Medan, Sumatera Utara dan sekitarnya bisa datang ke KLINIK ATLANTIS yang merupakan salah satu Klinik ginekologi, andrologi dan penyakit kelamin terbaik. Untuk konsultasi mengenai kulup panjang ataupun keluhan terkait masalah dan penyakit kelamin bisa hubungi Telp/WA : 0811-6131-718.