Kutil di Kelamin

kutil kelamin atau kondiloma 2 - Kutil di Kelamin

Kutil di kelamin adalah benjolan kecil yang tumbuh di sekitar area kelamin dan dubur. Penyakit ini bisa dialami siapa saja yang aktif secara seksual. Kutil kelamin berbeda dengan kutil yang tumbuh di bagian tubuh lain, karena kondisi ini termasuk infeksi menular seksual.
Kutil kelamin berukuran kecil dan tidak mudah terlihat dengan kasat mata. Akan tetapi kutil kelamin menyebabkan rasa gatal, sensasi seperti terbakar, serta nyeri dan perdarahan saat berhubungan intim.
Meski umumnya tidak berbahaya, tetapi beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks, kanker penis, kanker anus, atau pun kanker tenggorokan dan mulut. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika mencurigai terinfeksi kondiloma akuminata, untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Karena kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual, setiap orang yang sudah aktif secara seksual menjadi beresiko untuk mengalami penyakit ini. Angka kejadian kutil kelamin yang paling tinggi adalah pada kelompok usia 20-30 tahun.

Infeksi virus HPV umumnya tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Seseorang baru menyadari adanya kutil kelamin akibat infeksi HPV pada saat timbul benjolan di area kemaluan. Selain itu, beberapa tanda dan gejala lainnya adalah:

1. Benjolan multipel di area kemaluan dengan ukuran bervariasi

2. Benjolan berwarna lebih pucat hingga kemerahan

3. Permukaannya berjonjot atau seperti jengger ayam

4. Pada kondisi tertentu, benjolan juga bisa ditemukan hingga ke area dekat anus (dubur).

5. Pada beberapa penderita, kutil bisa tumbuh bergerombol dan terlihat seperti kembang kol.

Komplikasi Kutil Kelamin

Ada beberapa komplikasi yang dapat disebabkan oleh kutil kelamin, antara lain:

• Memicu terjadinya kanker di daerah kemaluan, mulut dan tenggorokan.
  • Gangguan saat kehamilan.
  • Bayi yang terlahir dari ibu dengan kutil kelamin beresiko mengalami infeksi kutil di tenggorokan.

Pencegahan Kutil Kelamin

Kutil kelamin dapat dicegah dengan sejumlah cara, seperti:

• Tidak melakukan seks bebas.
  • Gunakan kondom setiap berhubungan seks.
  • Tidak berbagi alat bantu seks.
  • Mendapat imunisasi HPV.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022