Kutil

Kutil 

Pengertian

Virus penyebab kutil dapat menular dengan mudah. Penularan kondisi ini dapat terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Walau demikian, tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV akan mengalami gejala kutil, karena sangat dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh masing-masing Kutil menyerang segala usia, khususnya orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang masih rendah, seperti anak-anak dan remaja. Kutil sering kali muncul di siku, di sekitar kuku-kuku, telapak, dan jari-jari tangan atau kaki.

Bentuk

Bentuk kutil menonjol di atas permukaan kulit seperti bulatan yang memiliki permukaan kasar. Selain menyerupai bulatan kasar, ada juga yang tampak memanjang dan tipis. Kutil juga dapat berkembang di telapak kaki yang berlubang di tengah yang di sekitarnya dikelilingi kulit yang mengeras.

Diameter

Diameter kutil bisa berkisar antara 0,1 hingga 1 sentimeter. Kutil bisa terdapat di tangan atau di bawah permukaan kaki. Meskipun begitu, kutil bisa muncul di permukaan kulit manapun.

Pengobatan

Kutil tidak terlalu bahaya dan relatif mudah dihilangkan. Namun karena tidak menyenangkan, ada beberapa jenis kutil yang mengakibatkan rasa nyeri, karenanya beragam pengobatan telah dikembangkan sebagai menghilangkannya, antara lain:

  1. Asam salisilat, adalah asam yang melunakkan permukaan kulit dan mengakibatkan kulit meluruh dan mudah dirontokkan. Ini adalah pengobatan sangat umum sebagai kutil. Hanya saja pengobatan ini membutuhkan berkala berminggu-minggu sampai hitungan bulan.
  2. Krim Retinoid (Retin-A, Avita), Adalah obat yang menghalangi pertumbuhan sel kulit.
  3. Cantharidin (Cantharone, Cantharone Plus), adalah obat yang disuntikkan atau dioleskan dan mengakibatkan kutil dan kulit di sekitarnya melepuh sehingga kutil dapat ditinggikan. Pengobatan ini hanya dapat diperoleh dari resep dokter.
  4. Bichloracetic acid (BCA), membunuh kutil dengan menghancurkan protein di dalam selnya. Kebanyakan dipergunakan sebagai kutil di telapak tangan atau kaki. BCA juga dapat menyerang sel normal, sehingga mesti diaplikasikan dengan hati-hati.
  5. Nitrogen, Nitrogen dalam wujud cair dapat disemprotkan kepada kutil dan mengakibatkan kutil mengeras dan menjadi rapuh sehingga mudah dibuang oleh dokter. Hanya saja perkara ini mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---