fbpx

Lentigo

Lentigo

lentigo - Lentigo

 

Lentigo merupakan bintik hitam atau kecokelatan yang muncul di daerah kulit, seperti di wajah, lengan, atau punggung tangan. Lentigo memiliki ukuran sekitar 5-20 mm dengan bentuk yang tidak beraturan.

Pertumbuhan lentigo bisa berlangsung hingga tahunan, tapi bisa juga muncul secara mendadak. Pada umumnya, lentigo dialami oleh orang dewasa usia 50 tahun ke atas, tapi bisa juga terjadi pada anak-anak. Apabila bintik muncul dalam jumlah yang cukup banyak, maka disebut lentigines.

Bentuk paling umum lentigo yaitu lentigo simpleks. Penyebab lentigo simpleks belum diketahui karena tidak disebabkan oleh paparan sinar matahari dan tidak terkait dengan gangguan atau kondisi medis. Jenis lentigo ini muncul sejak lahir atau lebih umum terjadi pada anak usia dini. Bintik biasanya berukuran 5-15 mm dan dapat hilang seiring waktu.

Berikut ini beberapa jenis lentigo lainnya yang muncul karena suatu penyebab yang diketahui, diantaranya yaitu:

Solar lentigo, yaitu jenis lentigo yang muncul saat radiasi ultraviolet menyebabkan sel pigmen kulit yang disebut melanosit menjadi terlalu aktif, sehingga mempercepat produksi melanin, yakni pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Biasanya solar lentigo muncul di area kulit yang paling sering terpapar sinar matahari seperti wajah, tangan, bahu, dan lengan. Bintik umumnya berukuran sekitar 5 mm, tapi bisa menyatu dan membentuk bintik yang lebih besar.

Ink spot lentigo, yaitu jenis lentigo yang umumnya muncul pada orang berkulit putih atau cerah akibat terbakar sinar matahari saat berjemur. Ink spot lentigo berbentuk titik hitam.

Radiation lentigo, yaitu jenis lentigo yang muncul akibat radioterapi, seperti pada pengobatan kanker.

PUVA lentigo, yaitu jenis lentigo yang muncul setelah terapi psoralen dan ultraviolet A (PUVA). Terapi ini digunakan untuk mengobati psoriasis dan eksim.

Sun bed lentigo, yaitu jenis lentigo yang muncul akibat paparan sinar ultraviolet dari alat untuk menggelapkan kulit (tanning bed) dalam jangka waktu yang lama.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami