Manfaat Vaksin Influenza

Manfaat Vaksin Influenza

Vaksin Flu

Vaksin influenza atau sering juga disebut vaksin flu ini adalah salah satu perlindungan yang terbaik untuk musim hujan ataupun untuk melakukan perjalanan jauh. Walaupun terkadang orang-orang sering menganggap sepele akan penyakit ini tapi pada kenyataannya virus influenza dapat menimbulkan berbagai macam masalah besar.

Beberapa masalah yang sering ditimbulkan oleh flu ini seperti susahnya bernafas atau sesak nafas, hidung tersumbat. Virus flu ini juga dapat menyebar dengan cara penularan langsung maupun secara tidak langsung. Tentu ini bisa berbahaya bagi Anda maupun orang disekitar. Kita pun harus waspada bila terkena flu terutama pada anak balita. Tentu akan sangat kasihan sekali bila melihat balita harus terkena flu. Oleh karena itu, vaksin influenza sangat diperlukan bagi Anda untuk mencegah flu ini menyebar.

Manfaat Vaksinasi Influenza

Vaksin flu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk pencegahan dini bagi orang tua juga bagi Anda yang akan melaksanakan perjalanan jauh. Maka tidak heran bila Anda pergi jauh sangat disarankan untuk di vaksinasi flu ini agar perjalanan Anda tidak terganggu. Pada umumnya, vaksin flu ini disarankan untuk orang yang berusia 6 (enam) bulan keatas bahkan wanita hamil (bumil) dan keadaan kesehatan yang kronis pun boleh mendapatkannya.

Siapa saja yang sebaiknya mendapatkan vaksinasi flu, berikut penjelasannya:

  • Anak usia 6 (enam) bulan hingga 4 (empat) tahun.
  • Orang yang berusia diatas 50 tahun, ataupun berbagai jenis umur lainnya.
  • Orang yang memiliki riwayat atau penyakit medis serius yang harus menghindari penyakit flu.
  • Ibu yang sedang hamil ataupun yang baru melahirkan (2 minggu setelah persalinan).
  • Orang yang hendak melakukan perjalanan jauh.
  • Ibu rumah tangga ataupun pengasuh balita yang sangat rentan terkena influenza.

Berapa Kali Suntik Vaksin Flu di Sarankan

Suntik vaksinasi influenza ini disarankan 1 x setahun karena virus influenza ini dapat berkembang terus setiap tahunnya. Oleh karena itu vaksin influenza direkomendasikan dilakukan setahun sekali. Tentunya tetap aman karena sesuai dengan rekomendasi para dokter.

Tipe Vaksin Influenza yang Wajib Anda Ketahui

Harus Anda ketahui bahwa vaksin influenza ini memiliki 2 (dua) tipe yaitu trivalent dan quadrivalent. Tipe vaksinasi quadrivalent yaitu jenis anti virus yang lebih lengkap yakni virus influenza A (H1N1 dan H3N2) serta 2 (dua) virus influenza B. Sedangkan vaksin trivalen memiliki kandungan H1N1 dan H3N2 serta turunan virus influenza B. Ini adalah beberapa jenis vaksin yang pada umumnya ada di Indonesia.

Berikut perbedaan Vaksinasi influenza trivalent dan quadrivalent:

Trivalent:

  • Trivalent dengan dosis tinggi biasanya diperuntukkan yang berusia lanjut diatas umur 65 tahun.
  • Vaksin flu trivalent jenis suntik dengan kandungan tambahan juga dapat diberikan kepada yang berusia lanjut.
  • Vaksinasi influenza trivalent dengan kombinasi yang bebas telur dapat diberikan kepada usia yang lebih dari 18 tahun.

Quadrivalent:

  • Vaksinasi quadrivalent biasanya diberikan berdasarkan pengelompokan pada usia tertentu.
  • Vaksinasi quadrivalent intradermal biasanya diperuntukkan bagi yang berusia diantara 18 hingga 64 tahun.
  • Vaksinasi quadrivalent ini juga ada yang khusus diberikan untuk anak di atas usia 4 tahun.

Efek Samping Vaksin Influenza

Vaksin influenza ini memiliki beberapa efek samping walaupun pada umumnya mirip dengan berbagai jenis vaksinasi atau imunisasi lainnya. Berikut Kami jelaskan:

  • Nyeri pada area bekas suntikan, rasa nyeri atau terkadang juga demam rendah bisa terjadi.
  • Gatal di area bekas suntikan.
  • Badan merasakan sedikit lelah dan lesu.

Ada juga reaksi alergi yang dapat mengancam jiwa seperti kesulitan untuk bernafas, sesak ataupun alergi parah, detak jantung berdetak cepat namun sangat jarang sekali terjadi. Sangat kecil kemungkinan hal tersebut terjadi dikarenakan peluangnya pun 1 berbanding 1 juta orang dengan yang melakukan vaksinasi.

Maka dari itu untuk memastikan Anda melakukan vaksinasi dengan dokter terpercaya. Anda tetap dapat berkonsultasi langsung meskipun sudah selesai melakukan proses vaksinasi ini. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir akan kemungkinan hal buruk paska vaksinasi influenza.

Untuk penanganan bagi gejala ringan, Anda pun bisa dengan melakukan istirahat yang cukup atau mengkonsumsi vitamin yang disarankan oleh Dokter Anda. Namun bila ada gejala yang dirasakan lebih dari yang umum, maka sebaiknya Anda harus segera menanyakan ke Dokter yang untuk mendapatkan pertolongan dengan segera.

Baca juga : Berbagai Jenis Vaksinasi Hepatitis

Yang Tidak Disarankan Untuk Vaksinasi Influenza

Berikut ini ada beberapa kriteria yang tidak kami sarankan untuk melakukan vaksin influenza karena berbagai hal penelitian. Berikut beberapa orang yang tidak disarankan melakukan vaksin influenza:

  • Anak dibawah usia 6 (enam) bulan
  • Orang yang memiliki alergi atau gatal terhadap telur.
  • Memiliki riwayat gatal-gatal parah ataupun alergi parah terhadap vaksin flu seperti antibiotik, gelatin ataupun kandungan lain-lain.

Bila Anda melakukan vaksinasi flu ini untuk pertama kalinya, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter yang akan melakukan vaksinasi kepada Anda. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko yang mungkin bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Namun jika Anda sudah beberapa kali melakukan vaksinasi, maka silahkan dilanjutkan sesuai jadwal vaksinasi Anda.

Berikut ini orang-orang yang sebaiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan vaksinasi:

  • Memiliki riwayat penyakit (Guillain-Barre Syndrome) GBS. Sebaiknya Anda menanyakan dahulu kepada dokter Anda untuk lebih memastikan.
  • Memiliki gejala tidak enak atau tidak nyaman ketika vaksinasi sebelum-sebelumnya.
  • Riwayat gatal-gatal atau alergi yang berhubungan dengan vaksin.

Harga dan Biaya Vaksinasi Influenza

Biaya untuk sekali vaksin flu sendiri sangat bervariatif dan juga tergantung dari jenis vaksinnya sendiri. Namun untuk sekedar gambaran, biaya vaksin flu di Klinik Atlantis dibandrol dari tarif 300ribuan untuk sekali suntiknya.

Vaksinasi influenza ini memiliki berbagai macam kelebihan dan mulai sekarang ini untuk melakukan vaksinasi ini pun jadi semakin mudah. Oleh karena itu, usahakan bagi Anda jangan sampai melewatkan vaksinasi flu demi menjaga kesehatan Anda. Selain Vaksin Influenza, Anda juga bisa mendapatkan berbagai layanan vaksinasi lain di Klinik Atlantis.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Reservasi Online: Disini

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis
Follow Instagram: Klinik Atlantis
Follow Facebook: Klinik Atlantis Medan

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223