fbpx

Melanoma

Melanoma

melanoma - Melanoma

Apa itu Melanoma?

Melanoma adalah jenis kanker kulit paling serius dan berbahaya. Penyakit ini terjadi pada melanosit, sel pigmen yang ada di kulit yang menghasilkan melanin dan dapat menyebabkan kematian. Melanoma dapat muncul pada kulit yang normal dan berawal dari tahi lalat atau daerah lain pada kulit yang mengalami perubahan wujud dan kemudian menjangkit ke dalam kulit, ke pembuluh darah, dan kelenjar getah bening, dan terakhir ke dalam hati, paru-paru, dan tulang.

Gejala

Seseorang yang terserang melanoma biasanya akan mengalami beberapa hal berikut :

  • Tumbuh tahi lalat yang tidak biasa
  • Tahi lalat bertambah besar
  • Perubahan warna tahi lalat
  • Tahi lalat yang rusak dan berdarah
  • Pembengkakan kelenjar
  • Sesak napas
  • Nyeri tulang (ketika melanoma menyebar ke tulang)
  • Sakit kepala
  • Kejang
  • Masalah penglihatan (ketika melanoma menyebar ke otak)

Bintik kanker melanoma umumnya memiliki bentuk yang tidak beraturan, dan mempunyai lebih dari satu warna. Pada beberapa kasus, bintik tersebut biasanya akan terasa gatal, dan bisa mengalami pendarahan. Ukurannya pun terlihat tidak wajar, yaitu melebihi tahi lalat yang normal.

Penyebaran melanoma biasanya menghabiskan semua oksigen dan nutrisi yang terdapat dalam tumor asli. Kemudian terjadi perkembangan sel-sel kanker ke bagian lain pada tubuh (metastasis) untuk menemukan lebih banyak makanan. Jika melanoma terdeteksi awal sebelum sel kanker berpindah ke kelenjar getah bening dan seluruh tubuh, pasien diperkirakan memiliki 91,5 persen tingkat kelangsungan hidup selama 5 tahun. Jika penyebaran kanker kulit melanoma terdeteksi pada tahap selanjutnya, tingkat kelangsungan hidup hanya 30 sampai 60 persen.

Penyebab Melanoma

Seperti dijelaskan di atas, penyebab tumbuhnya penyakit ini pada manusia karena sel pigmen yang ada di kulit yang menghasilkan melanin dan biasanya disebabkan oleh gangguan sinar ultraviolet dari sinar matahari. Adapun penyebab lain nya ialah mutasi genetik.

Cara mengobati

Untuk tahap awal, dokter dapat melakukan operasi untuk mengangkat kanker kulit dan beberapa area sekelilingnya. Seberapa banyak kulit yang diangkat tergantung seberapa dalam melanoma tumbuh.

Jika kanker telah menyebar ke sekitar kelenjar getah bening, mungkin juga diangkat. Setelah operasi, Anda akan mendapat obat yang disebut interferon.

Jika melanoma telah menyebar ke organ lain, operasi, terapi radiasi, kemoterapi, dan imunoterapi membantu menghilangkan gejala tapi tidak bisa menyembuhkan.

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami