Melena

Melena Pendarahan di Usus

Pengertian

Melena adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh perdarahan parah di saluran pencernaan atas Anda. Perdarahan bisa disebabkan oleh:

1. Ada tukak lambung
  2. Varises pada lambung atau Esofagus
  3. Peradangan pada sistem pencernaan
  4. Kanker perut
  5. Sindrom Mallory-Weiss
  6. Beberapa bayi baru lahir mengalami melena karena menelan darah selama proses persalinan.

Gejala

Melena menyebabkan feses berwarna hitam dan lembek yang mudah dibedakan dari warna merah cerah yang berhubungan dengan hematochezia. Darah biasanya berwarna hitam legam, mirip dengan tinta dari pulpen hitam. Kotoran Anda mungkin juga terlihat atau terasa lengket.

Darah ini lebih gelap karena harus berjalan lebih jauh ke saluran GI Anda. Pada saat mencapai anus Anda, itu sudah terdeoksigenasi, yang menghilangkan warna merah cerahnya. Selain melena, Anda mungkin juga mengalami hematemesis, yang mengacu pada muntah darah.

Faktor penyebab

Melena disebabkan oleh pendarahan yang lebih tinggi di saluran pencernaan Anda. Ini mungkin karena:

• Tukak lambung
  • Varises lambung atau esofagus
  • Radang perut
  • Kanker perut
  • Sindrom Mallory-Weiss

Beberapa bayi baru lahir mengalami melena karena menelan darah saat melahirkan.

Diagnosa

Dokter biasanya dapat membedakan antara melena dan hematochezia hanya dengan melihat sampel tinja. Berdasarkan warna darah, mereka akan melakukan pengujian tambahan untuk mempersempit diagnosis.

Hematokezia

Jika Anda memiliki hematochezia, dokter Anda kemungkinan akan memulai dengan kolonoskopi. Ini melibatkan memasukkan tabung kecil dengan kamera melalui rektum Anda. Perangkat akan memberi mereka pandangan tentang saluran pencernaan bagian bawah Anda, termasuk usus besar Anda, sehingga mereka dapat menentukan dari mana darah itu berasal. Selama prosedur, mereka juga dapat mengambil sampel jaringan kecil untuk pengujian tambahan.

Tes lain yang digunakan untuk mendiagnosis penyebab hematokezia meliputi:

1. Enteroskopi. Anda akan menelan kapsul kecil berisi kamera yang menghasilkan gambar saluran GI Anda.
    rontgen barium. Dokter Anda akan meminta Anda menelan bahan kontras yang disebut barium. Mereka mungkin juga memasukkannya ke dalam rektum Anda. Ini akan membantu saluran GI Anda muncul pada sinar-X.
  2. Pemindaian radionuklida. Sejumlah kecil bahan radioaktif disuntikkan ke pembuluh darah sementara dokter Anda memantau aliran darah Anda melalui kamera.
  3. Angiografi. Ini melibatkan penyuntikan pewarna ke dalam pembuluh darah untuk membuat pembuluh darah terlihat pada CT scan atau X-ray.
  4. Laparotomi. Ini adalah tes yang lebih invasif yang melibatkan pembedahan membuka perut Anda untuk menemukan sumber pendarahan.

Melena

Dokter Anda akan menggunakan tes serupa untuk mendiagnosis penyebab melena. Mereka juga dapat menggunakan:

1. Esofagogastroduodenoskopi (EGD). Sebuah tabung kecil dengan kamera dan lampu terpasang dimasukkan melalui mulut Anda dan turun ke kerongkongan Anda. Ini akan membantu dokter Anda memeriksa tanda-tanda perdarahan lebih tinggi di saluran GI Anda.
  2. Tes darah, tinja, atau napas. Dokter Anda mungkin meminta sampel tinja, mengambil sampel darah, atau menjadwalkan tes napas untuk memeriksa tanda-tanda infeksi, termasuk yang disebabkan oleh Helicobacter pylori.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718