Mengenal Gejala Awal Kanker Kolorektal dan Pengobatannya

Waspada Gejala Awal Kanker Kolorektal  #

Mengenal Gejala Awal Kanker Kolorektal dan Pengobatannya

Gejala awal kanker kolorektal harus menjadi hal yang diketahui banyak orang saat ini. Apalagi termasuk mematikan terutama karena menyerang bagian usus besar yang terhubung dengan anus. Umum juga disebut kanker kolon.

Untuk kemunculannya sebenarnya akan diawali dengan beberapa gejala yang cukup jelas. Terlebih dengan adanya pertumbuhan suatu jaringan yang memang tidak dianggap normal. Supaya tidak parah, Anda wajib tahu gejala, penyebab dan langkah mengobati.

Gejala Bagaimana Munculnya Kanker Kolorektal

Sebelum berbicara mengenai gejala, kita harus tahu dulu tentang apa penyebab kanker kolorektal. Umumnya akan terjadi pada orang yang umurnya lebih dari 50 tahun. Ditambah memang punya histori kanker dari keluarga atau kerabat.

Perlu diketahui kalau histori bukan hanya kanker koloraktal saja. Melainkan jika ada keluarga yang pernah menderita kanker payudara, Anda juga berpotensi. Terlebih jika sebelumnya punya radang pada bagian usus.

Penyebab lainnya yang menyebabkan munculnya kanker ini adalah kegemukan. Terlebih jika obesitas sudah ditambah dengan gejala diabetes. Tambah parah apabila penderita sudah pernah melakukan radioterapi.

Sebenarnya gaya hidup yang kurang baik juga bakal menyebabkan munculnya kanker. Terutama jika jarang makan buah dan sayur bergizi. Olahraga yang terlalu jarang serta konsumsi alkohol atau merokok juga memperburuk.

Sementara itu kalau gejala yang akan muncul ternyata sangat banyak. Misalnya saja akan muncul kalau jaringan sudah menjadi kanker. Jadi, kalau masih kecil gejalanya minim bahkan cenderung tidak terlihat.

Nantinya jika sudah memburuk, baru muncul banyak masalah. Misalnya saja yang paling umum itu akan terjadi masalah pencernaan. Dapat berupa sembelit atau diare, sering juga buang air tidak sampai selesai.

Meskipun bisa buang air besar, tapi akan sangat tidak nyaman. Apalagi karena diikuti dengan darah pada tinja yang keluar. Ditambah lagi dengan perasan mual sampai muntah beserta adanya nyeri pada bagian perut.

Gejala lainnya yang akan ada yakni berat badan semakin menurun. Hal ini sendiri seringkali kurang diperhatikan karena pada awalnya tidak diketahui jelas penyebabnya. Tetap terjadi padahal banyak makan.

Langkah Pengobatan Kanker Kolorektal Efektif

Langkah pertama yang harus diambil sebenarnya cari tahu apabila punya kerabat dengan histori kanker kolorektal. Tapi kalau tidak ada, tetap bisa melakukan skrining. Berguna mendeteksi apabila terdapat kanker.

Tentu saja skrining yang dilakukan tersebut harus terjadi secara berkala. Anda bisa membuat jadwal agar menghindari hal buruk di masa depan. Apalagi skrining bertujuan supaya pertumbuhan jaringan penyebab kanker dapat dihentikan.

Perlu diketahui karena cukup berbahaya, maka tidak boleh melakukan diagnosa sendiri. Malahan akan ada serangkaian tes dari dokter. Misalnya beberapa uji coba paling bagus seperti memeriksa tinja.

Selain itu dokter juga akan melakukan kolonoskopi pada pasien. Di mana hal ini akan langsung menunjukkan bagaimana keadaan bagian rektum atau kolon. Nantinya akan diambil sampel untuk dijadikan analisa.

Wajib juga memeriksa bagaimana kondisi tumor yang mungkin sedang berkembang saat itu. Apalagi tumor tersebut akan diobati dengan dibiopsi nantinya. Dokter akan lebih mudah dalam mencari tahu cara pengobatan terbaik.

Tes terakhir yang akan dilakukan bisa berupa tes darah sampai pemindaian. Darah sendiri pastinya akan mendeteksi dengan jelas tentang berapa stadium kankernya. Sementara itu kalau pemindaian biat melihat lokasi pertumbuhan kanker.

Jika Anda sudah mengetahui gejala dan penyebab, dapat melakukan pencegahan sejak awal. Hasilnya bisa dideteksi dan tidak terlalu parah meski sudah dialami. Apalagi berbagai macam gejala awal kanker kolorektal memang banyak.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon : 0811-6131-718

WhatsApp : 0811-613-1718